SDM Sebagai Aset Penting Perusahaan Jasaboga

0
206

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Sumber Daya Manusia (SDM) memang menjadi motor menjalankan dalam bentuk usaha apapun. Terlebih dalam upaya untuk mengembangkan perusahaan untuk menghadapi segala tantangan dan menjadi lebih maju.

Pentingnya peranan SDM di sebuah perusahaan, juga disadari PT Afzarki Indoboga yang saat ini bergerak dalam bidang Jasaboga di Kota Palembang.

Direktur Operasional PT Afzarki Indoboga, Pusparia W Rahardjo menegaskan bahwa pihak perusahaan menganggap SDM merupakan aset yang sangat penting yang harus terus diasah kemampuannya.

“Bagi kami, aset paling penting dalam sebuah perusahaan selain modal adalah SDM. Walaupun perusahaan mempunyai modal yang banyak namun SDM tidak andal, (modal) akan percuma saja dan cenderung buang-buang uang saja,” ujarnya saat dikonfirmasi Sumateranews.co.id melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (25/8).

Masih kata Pusparia, jika SDM itu mumpuni dan memiliki keahlian yang cukup atau berpengalaman, niscaya walaupun ada tuntutan pekerjaan seperti tambahan menu, tambahan porsi atau lainnya, mereka sudah terbiasa dan sudah bisa menyikapi tuntutan pekerjaan tersebut.

“Di lapangan itu kan berbeda dengan yang diharapkan. Karena ada satu saat ketika porsi ditambah atau titik pendistribusian diubah. Hal itu perlu SDM yang cekatan. Makanya SDM itu harus selalu dilatih,” tambahnya.

Ditambahkan, karena keterbatasan itu, Afzarki Indoboga sampai harus merekrut beberapa SDM dari luar Sumatera yang sudah terbiasa dengan pesanan katering dalam jumlah porsi yang besar (banyak).

“Sebagian SDM kami memang direkrut dari Bogor. Mereka memang sudah kami libatkan sejak tahun 2011 lalu. Jadi, saat ada event besar, kami mendatangkan mereka. Karena sudah terbiasa dengan pesanan dalam jumlah banyak, maka perusahaan kami tidak kelabakan ketika mendapat pesanan dalam jumlah banyak,” ungkapnya.

Namun, dengan keberadaan Politeknik Pariwisata (Poltekpar), juga membantu pengusaha Jasaboga untuk ketersedian SDM andal di Palembang.

“Keberadaan Poltekpar itu sudah tepat. Memang harus ada banyak lembaga-lembaga pendidikan atau pelatihan yang mencetak tenaga-tenaga ahli Jasaboga. Karena jika ada event besar yang dilaksanakan, perusahaan katering lokal rebutan untuk merekrut SDM handal.

Dilanjutkan, pengusaha katering lokal seharusnya berterima kasih kepada pemerintah Sumatera Selatan yang terus menggelar event besar macam Asian Games yang sedang berlangsung saat ini, sehingga menjadikan peluang usaha yang tidak sedikit.
Terkait ketersediaan SDM andal, Pusparia beserta beberapa rekan sesama pengusaha Jasaboga akan mengatasinya bersama-sama dengan menyediakan lembaga pelatihan khusus.

“Kami sudah menggagas untuk membuat lembaga pelatihan Jasaboga yang tidak memakan waktu terlalu lama tetapi mendasar atau langsung praktek. Mungkin, setelah Asian Games kami akan launching lembaga itu,” ungkapnya.

PT Afzarki Indoboga merupakan salah satu perusahaan Jasaboga lokal yang terlibat dalam pelaksanaan Asian Games di Palembang, bersama 11 pengusaha katering yang tergabung dalam perusahaan konsorsium.

Mereka dipercaya oleh Polda Sumsel, sebagai rekanan dalam menyediakan dan mendistribusikan konsumsi bagi anggota pengamanan (PAM) selama Asian Games 2018 berlangsung.

Laporan          : Irfan
Editor/Posting : Imam Ghazali