Satu Muharam, Warga Rantau Alai Berzikir

0
260

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Di berbagai lokasi di Kabupaten Ogan Ilir (OI) banyak dijumpai kegiatan dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1439 Hijriah atau biasa juga disebut satu Muharam. Untuk di Desa Rantau Alai Kecamatan Rantau Alai OI ini misalnya, digelar zikir bersama di Masjid Riadhul Jannah yang terletak di pusat desa tersebut, Rabu (20/9/2017) malam.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Peningkatan Ukhuwah Islamiah’ yang diadakan pemerintahan desa setempat tersebut, selain sudah menjadi agenda tahunan dan juga bentuk kecintaan terhadap Allah SWT, adalah menjadi sarana warga bersujud syukur akan adanya kesempatan menghela nafas kehidupan di tahun baru umat Islam ini, sekaligus juga sarana bersilaturahminya antarwarga.

Hal itu disampaikan Aswin Ilyas selaku Kepala Desa Rantau Alai, dalam sambutannya di depan peserta zikir.

Aswin mengajak warga Rantau Alai untuk semakin meningkatkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, baik di kehidupan rumah tangga maupun dalam bermasyarakat.

“Malam ini kita patutnya bersyukur kepada Allah SWT, dimana kita masih diberikannya kesempatan untuk menghirup udara di tahun baru Islam. Dan kegiatan ini mesti kita pertahankan, tentunya jangan kalah dengan perayaan tahun baru masehi yang biasanya disemarakkan setiap awal Januari itu. Di samping itu hubungan persaudaraan harus semakin kita jaga erat,” tegasnya.

Masih kata Aswin, momentum Tahun Baru Hijriah sebaiknya dijadikan tolak ukur dalam pencapaian atau juga pengintrospeksian diri terhadap apa-apa saja yang telah dilakukan di tahun sebelumnya.

“Saya mengajak kita semua untuk menjadikan momentum tahun baru ini sebagai sarana menginstrospeksi diri. Kita buang jauh-jauh kesalahan yang pernah dibuat. Tahun baru ini kita raih kesempatan untuk memperbaiki semuanya. Tentunya semua itu kita harapkan bisa mewujudkan masyarakat yang beriman, sesuai visi misi yang dicita-citakan. Saya selaku kepala desa tentunya juga akan berusaha sekuat mungkin menjadikan desa ini terdepan, paling tidak dalam wilayah Kecamatan Rantau Alai,” ujarnya lagi.

Selanjutnya kegiatan Zikir dilaksanakan dan diakhiri dengan doa bersama, dengan harapan di tahun baru 1439 Hijriah ini, diberikan keselamatan dari mara bahaya. Baik dari manusia, jin, atau bencana lainnya.

Sementara, tampak hadir dalam kegiatan tersebut para tokoh agama Kecamatan Rantau Alai, di antaranya H. Rahman Sari, Fauzi Hadi, H.Basyarudin, serta Fahrul Rozi dari Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Rantau Alai.

Laporan : H. Sanditya Lubis

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre