Satpol PP Bakal Tertibkan PKL

0
178

Sumateranews.co.id, BENGKULU- Belum lama ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejang Lebong mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah Jalur Hijau atau Kawasan Perkantoran. Dalam hal ini turut pula diatur bahwa di Jalur Hijau tidak diperbolehkan lagi adanya bangunan milik pribadi atau perorangan. Karena akan dikhususkan untuk Bangunan Kantor Dinas Instansi maupun Perusahaan Swasta lainnya. Selain itu juga turut diatur pula mengenai larangan berjualan di atas trotoar dan badan jalan bagi Pedagang Kaki Lima (PKL), yang selama ini masih terlihat eksis di Sepanjang Jalan Protokol Kabupaten Rejang Lebong.

Tentunya hal tersebut membuat semrawutnya wajah Kabupaten Rejang Lebong. Menindaklanjuti hal tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Rejang Lebong selaku aparat penegak Perda, tentunya langsung merencanakan agenda penertiban terhadap para pedagang kaki lima tersebut.

Jika dalam beberapa kali penertiban sebelumnya, pihak Satpol PP hanya melakukan sosialisasi serta memberikan teguran kepada para pedagang, kali ini Satpol PP Rejang Lebong akan melakukan tindakan penertiban para PKL. Kasatpol PP Rejang Lebong Rachman Yuzir SE, menegaskan bahwa pekan depan Satpol PP akan langsung membersihkan para PKL yang masih saja berjualan di atas trotoar dan badan jalan.

Rachman menambahkan jika dalam penertibannya pekan depan, Satpol PP akan langsung melakukan penyitaan barang dagangan para PKL jika masih tetap nampak berjualan di Jalur Hijau. Selain itu para pedagang juga diminta menandatangani surat pernyataan, untuk tidak kembali berjualan di kawasan tersebut. “Meski dilakukan tindakan tegas, Satpol PP Rejang Lebong mengupayakan dalam penertiban tersebut akan dilakukan secara persuasif agar tidak terjadi bentrok fisik dengan para pedagang kaki lima,’’ tandasnya.

Laporan : Beny Septiadi

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre