SATGAS YONZIPUR 2/SG KODAM II/SWJ SELESAIKANKAN TUGAS TEPAT WAKTU

0
571

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Perintah Panglima TNI Nomor ST/643/2016 tanggal 16 Mei 2016 untuk melaksanakan tugas Pembangunan Pangkalan Militer di Pulau Natuna, telah diselesaikan oleh Satuan Tugas (Satgas) Yonzipur 2/SG.

Satuan dari Kodam II/Sriwijaya yang berjumlah 250 orang ini, pada tanggal 14 September 2016 lalu, diberangkatkan ke Pulau Natuna bersama dengan beberapa Satgas dari satuan Zeni lainnya. Setelah 15 bulan menjalankan tugasnya di Pulau Natuna, kawasan ujung utara wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pada hari ini Kamis (28/12/2017) di Base Ops Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Talang Betutu Palembang diselenggarakan acara penyambutan terhadap Satgas Yonzipur 2/SG.

Danyonzipur 2/SG Letkol Czi Burhanudin, S.E., M.Sc., yang keluar dari lambung pesawat TNI AU bersama para prajuritnya pada pukul 15.27 WIB, disambut dengan kalungan bunga oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., yang didampingi para Staf Kodam, Kepala Badan Pelaksana Kodam dan anggota Persit. Pada kesempatan tersebut, selain memberikan ucapan selamat datang, Pangdam II/Swj juga memberikan apresiasi atas keberhasilan Satgas Yonzipur 2/SG dalam pelaksanaan tugasnya dengan baik dan mampu menyelesaikan sasaran operasinya tepat waktu atau sesuai target.

Sebanyak 6 sasaran pekerjaan saat ini secara bertahap telah dituntaskan oleh Satgas Zeni TNI AD meliputi ; 1 Makoyon Komposit, 2 Makoki Raider Khusus, 1 Makorai Armed, 1 Makorai Arhanud dan 1 Makoki Zipur. Dari sekian banyak sasaran, Satgas Yonzipur 2/SG diserahi tugas khusus untuk membangun Makoyon Komposit. Dalam Pembangunan Pangkalan Militer di Pulau Natuna tersebut, Satgas Zeni dari TNI AD yang dilibatkan meliputi satuan dari Yonzipur 1 dan Denzipur 2 Kodam I/Bukit Barisan, Yonzipur 2 Kodam II/Sriwijaya, Yonzipur 3 Kodam III/Siliwangi, Yonzipur 4 Kodam IV/Diponegoro, Yonzipur 5 Kodam V/Brawijaya, Yonzipur 9 dan 10 Kostrad serta Yonzikon 11, 12, 13 dan 14 dari Direktorat Zeni TNI AD.

Tugas Pembangunan Pangkalan Militer di Pulau Natuna, merupakan kehormatan yang diembankan oleh  negara kepada Satgas Yonzipur 2/SG, karena instalasi militer itu bernilai strategis khususnya untuk kepentingan pertahanan dan keamanan NKRI.

Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., mengajak kepada seluruh anggota Satgas Yonzipur 2/SG untuk melaksanakan sujud syukur sebagai ungkapan syukur dan terima kasih kepada Tuhan YME atas lindungan yang diberikan-Nya sehingga tugas dapat diselesaikan dengan baik dan prajurit kembali ke Palembang dalam keadaan lengkap. Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II/Sriwijaya juga berterima kasih selama pelaksanaan tugas tidak ada laporan pelanggaran yang dilakukan oleh Satgas Yonzipur 2/SG dan memerintahkan kepada Dansatgas untuk melaksanakan pengecekan ulang dalam kurun waktu hingga 3 hari ke depan.

Setelah ini, Satgas akan melanjutkan pergeseran pasukan menuju ke Home Base di Prabumulih melalui darat, sehingga Pangdam II/Sriwijaya juga mengingatkan agar prajurit tidak arogan, mematuhi aturan dan tetap menjaga etika dalam berlalu lintas. Hormati petugas kepolisian yang berdinas di sepanjang rute menuju ke Prabumulih. Setibanya di Home Base, agar Komandan Satgas segera mengatur pembagian cuti operasi bagi prajuritnya dan jangan ada pelanggaran. Tak lupa Pangdam II/Sriwijaya juga menitipkan salam kepada para keluarga prajurit, khusus kepada prajurit yang beragama Nasrani pimpinan TNI AD di wilayah Sumbagsel itu juga mengucapkan selamat Natal dan berharap di tahun 2018 nanti lebih sukses.

Sementara itu, keterangan yang diperoleh dari Komandan Satgas Yonzipur 2/SG, saat ini sebagian besar prajuritnya telah kembali ke Home Base dan menyisakan 32 orang sebagai unsur tinggal di Pulau Natuna, sekaligus melaksanakan pemeliharaan bangunan hingga diresmikannya pangkalan baru TNI tersebut.

Sumber             : Pendam II

Editor/Posting   : Imam Ghazali