Satgas Darat Padamkan Kebakaran di 4 Kecamatan Wilayah OKI

0
126

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- (Pendam II/Swj)- Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) Sumsel mengerahkan Tim Satgas Darat dan Satgas Terpadu Karhutbunla ke beberapa titik api yang berada di empat Kecamatan di wilayah Kabupaten OKI yang mengalami kebakaran lahan dan kebun.

“Kurang lebih 34 Ha lahan yang terbakar di empat lokasi Karhutbunla di Kabupaten OKI berhasil dipadamkan melalui pemadaman darat,” kata Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Septiyanizar, S.I.P., Selasa (21/8/2018).

“Dari data yang dihimpun terdapat total empat desa yang berada di empat Kecamatan yang mengalami kebakaran, yang berada di wilayah Kabupaten OKI,” tegasnya.

Desa terseburt adalah Desa Pagar Dewa, Kec. Mesuji Induk, Kab. OKI, seluas kurang lebih 20 Ha, di Lebak Teluk Semedang, Desa Sungai Bungin Kec. Pangkalan Lampam, Kab. OKI, seluas kurang lebih 5 Ha, Desa Terusan Menang Kec. SP. Padang, Kab. OKI, seluas kurang lebih 1 Ha, dan Desa Ujung Tanjung, Kec. Tulung Selapan, Kab. OKI, seluas kurang lebih 8 Ha.

Satgas Darat Karhutbunla yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), RPK Perusahaan dan Tim Terpadu lainnya bersama-sama berjibaku padamkan api untuk mencegah meluasnya areal karhutbula.

Selain itu, Satgas Udara Karhutbunla dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Daerah juga telah ikut mendukung pemadaman melalui udara dengan mengerahkan 2 Helly BNPB.

Sementara itu, diketahui kebakaran lahan seluas kurang lebih 5 Ha yang berada di wilayah di Ds. Ibul -1 Kec. Pemulutan, Kab. Ogan Ilir, berhasil dipadamkan.

Saat ini Satgas Darat dan Satgas Terpadu terus melakukan pemantauan dan pembasahan lahan guna mencegah api tidak timbul kembali.

 

Sumber           : Pendam II
Editor/Posting : Imam Ghazali