HeadlineOKISumsel

Satgas Covid-19 OKI Segera Lakukan Check Kesehatan Terhadap Para Penumpang Di Tol Kayuagung

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG – Mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) diwilayah Bumi Bendhe Seguguk OKI, Satuan tugas (Satgas) percepatan penanganan Virus Corona Kabupaten OKI

secara terpadu bersama tim, melakukan check kesehatan terhadap para penumpang, sopir dan kernet Bis, truck maupun mobil pribadi yang melintas dijalur keluar-masuk pintu Tol Kayuagung-Pematang Panggang maupun di Tol Kayuagung-Palembang-Betung, di Desa Celikah, Senin (23/03/2020).

Adapun tim yang turut ikut dalam kegiatan tersebut, yakni Tim kesehatan Dinas Kesehatan OKI, Puskesmas Kutaraya dan Puskesmas Celikah, Dinas Perhubungan OKI, Polisi Pamong Praja dan BPBD OKI.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten
OKI, Iwan Setiawan SKM MKes yang juga selaku Kepala Dinas Kesehatan OKI menyampaikan, kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan baik itu suhu badan, tensi maupun tes kesehatan lainnya yang akan dilakukan di posko ini nantinya.

“Ini langkah antisipasi kita. Kita akan dirikan posko dan setiap orang yang keluar-masuk OKI melalui jalur tol ini kita periksa. Kita periksa suhu tubuh para penumpang , sopir maupun kernetnya satu persatu secara keseluruhan oleh petugas kita dengan menggunakan Alat Pengaman Diri (APD), masker, handscoon, alat pendeteksi pakai pelintas tidak tersentuh dan itu kita lakukan 24 secara bergantian,” terangnya.

Lanjut Iwan, apabila ada yang terdeteksi lebih dari 38 derajat Celcius, maka akan dilakukan perawatan pertama oleh tim puskesmas dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Apabila positif mengarah ke Covid-19, seperti panas tinggi lebih dari 38 derajat Celcius disertai pilek dan batuk serta sesak napas, maka akan langsung dirujuk ke RSUD Kayuagung dan kita standby kan mobil ambulance dilokasi, untuk pemeriksaan dijalur tol ini nantinya akan dikendalikan oleh dinas perhubungan dan bertahap tim akan melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Iwan menambahkan, pemeriksaan ketat di jalur darat ini untuk memgimbangi pemeriksaaan lewat laut dan bandara.

“Untuk di bandara dan pelabuhan kita koordinasi dengan pihak bandara dan Dinkes Provinsi, kita segera dihubungi jika ada orang luar atau warga OKI yang datang dari luar daerah,” jelasnya.

Dikatakan Iwan, Semalam kami menerima habis kunjungan warga OKI 1 (satu) bis sebanyak 21 orang dan 2 0rang yang terdiri dari 1 orang sopir dan satu orang kernet bis, kita sudah lakukan pemeriksaan kesehatan dari jam 12.00 WIB s.d jam 03.00 WIB, baik suhu badan dan kondisi badan tidak ada yang bermasalah semuanya normal, namun tetap kita lakukan pemantauan dan apabila ada keluhan segera hubungi fasilitas kesehatan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan/desa kalau ada warga yang baru pulang dari wilayah andemis segera periksakan kesehatan dan suhu tubuh. Mengenai 103 warga Lempuing, semuanya sudah kita diagnosa dan tidak ada yang terkontaminasi Covid-19,”jelasnya.

Untuk itu kita menghimbau kepada seluruh masyarakat OKI untuk sementara jangan dulu beraktivitas keluar OKI, Kurangi kontak langsung dengan masyarakat lain, tidak melaksanakan pertemuan-pertemuan secara umum, jangan berkunjung kedaerah andemis, jangan panik, prioritaskan PHBS dan membersihkan tangan dengan sabun pada air mengalir.

“Jika ada keluhan-keluhan segera hubungi fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, pustu, poskesdes maupun klinik-klinik swasta dan ini harus kita lakukan bersama-sama. Selain itu kita akan melakukan penyemprotan dengan desinfektan yang berkoordinasi dengan dinas perkebunan dan peternakan OKI. Dengan demikian diharapkan rantai penularan Covid-19 ini akan terputus,”pungkasnya.

Laporan : Aliaman
Editor     : Abiyasa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button