Sambut Puasa, di Lahat Daging Ayam Capai Rp 42.000/Kg

73

Sumateranews.co.id, LAHAT – Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lahat terus naik jelang puasa 2018. Bahkan sehari sebelum Ramadhan, harga daging ayam menyentuh angka Rp 42.000/kg.

Salah satu pedagang ayam, Dian (34) mengatakan kenaikan harga daging ayam potong telah terjadi sejak sebulan terakhir. Kenaikan ini terjadi secara bertahap hingga mencapai kenaikan Rp 12.000 per kg dari harga normal.

“Harga daging ayam sejak sebulan terakhir mengalami kenaikan Rp 2.000 hingga Rp 6.000 per kg beberapa kali yang hingga kini total kenaikannya mencapai Rp 12.000 per kg,” ujarnya, Rabu (16/5).

Dian menjelaskan naiknya harga jual daging ayam potong tersebut disebabkan pasokan dari pengusaha peternak ayam potong kurang lancar dan jumlahnya berkurang, sedangkan permintaan meningkat.

Selain itu, hal tersebut juga dipicu nilai tebus yang ditetapkan pihak pengusaha peternak ayam potong lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Sehingga pedagang menyesuaikan harga jual dengan kenaikan penebusan barang dagangan.

“Kenaikan harga daging ayam potong bisa jadi akan berlangsung lama, karena ada peningkatan permintaan masyarakat jelang puasa dan juga lebaran,” jelasnya.

Dengan kondisi harga daging ayam yang tinggi, penjualan pedagang sedikit mengalami penurunan, sedangkan keuntungan penjualan tetap meskipun harga jualnya kepada masyarakat bergerak naik.

Dia juga berharap pihak pemerintah daerah dan instansi terkait dapat mengendalikan kenaikan harga daging ayam dan beberapa kebutuhan masyarakat lainnya sehingga aktivitas jual beli di pasar tradisional kembali normal.

Laporan          : Novita

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here