SAMBUT PRESIDEN RI, DANREM 044/GAPO APEL PAM VVIP RI-1

0
335
Danrem 044/Garuda Dempo, Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. selaku Dansatgas Pamwil saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunker Presiden, Ir Joko Widodo, di Palembang, Kamis (12/10)

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Apel gelar pasukan pengamanan VVIP (Very Very Important Persons) dalam rangka persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo dan Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo ke wilayah Sumatera Selatan dalam rangka peresmian tahap 1 Tol Palembang-Inderalaya (Palindra) dan penanaman perdana program peremajaan perkebunan kelapa sawit di Desa Panca Tungkal Kec. Sungai Lilin Kab. Muba, Kamis (12/10/2017).

Kegiatan apel ini diikuti oleh semua unsur yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) yang terdiri dari unsur TNI AD, AL, AU dan Kepolisian wilayah Sumatera Selatan, termasuk gelar peralatan dan perlengkapan pendukungnya. Apel gelar pasukan dilaksanakan di lapangan BPBD Prov. Sumsel Kota Palembang dengan peserta apel lebih dari 1.600 orang.

Pada Apel gelar Pasukan Pengamanan VVIP, Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. selaku Dansatgas Pamwil menyampaikan, meskipun Pengamanan VVIP sudah sering dilaksanakan baik pada even nasional maupun internasional sebelumnya, namun demikian kita tidak boleh lengah ataupun menganggap biasa tugas Pengamanan VVIP seperti ini dan agar Pengamanan VVIP nanti berjalan dengan lancar dan aman, maka perlu dilaksanakan Apel Gelar Pasukan yang bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) Pengamanan VVIP, sehingga tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur dalam pelaksanaannya.

“Segala sesuatunya harus betul-betul kita siapkan dimulai tahap awal sampai dengan akhir dan tidak ada istilah rutinitas dalam Pengamanan VVIP kali ini, dan kita pastikan lagi, kesiapan yang akan dilakukan oleh personel yang akan bertugas dalam pengamanan VVIP,” katanya.

Lebih lanjut Danrem 044/Gapo memerintahkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Satgas Pengamanan agar memahami dan menguasai Protap Pengamanan VVIP, memegang teguh disiplin dan rantai komando, melakukan koordinasi dengan unsur pengamanan lainnya secara optimal serta segera melaporkan bila terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan tugas. “Untuk personel yang akan terlibat dalam pengamanan 1.629 personil di Wilayah Palembang, dan 641 personil di Sungai Lilin, baik dari TNI maupun Polri,” jelasnya.

Sumber   : Pendam II

Editor      : Imam Ghazali

Posting    : Andre