Salah Satu Desa di Aceh Singkil Terancam Gagal Ikut Pilkades Seretak

114

Sumateranews.co.id, ACEH SINGKIL – Pemilihan Kepala Kampung (Desa) Rantau Gedang Kecamatan Singkil, terancam gagal pada Pilkades Serentak mengingat waktunya semakin dekat 3 November nanti akan dilaksanakan.

Pasalnya, pasangan bakal calon kepala desa yang mendaftarkan diri belum disahkan P2K. Dan masih dalam proses tahapan.

Terhitung, sudah ada tiga kali P2K mengundurkan diri dari panitia pemilihan. Ini diduga karena persoalan salah seorang calon tidak mendapat rekomendasi dari Plt kepala desa. Calon dimaksud disebut tidak memenuhi persyaratan.

Camat Singkil Safrijal, SH saat dikonfirmasi awak media di rumahnya membenarkan, bahwa sampai hari ini, daftar pasangan bakal calon kepala desa belum ditetapkan Panitia.

“Memang sampai saat ini progres pemilihan kepala desa masih sekedar tahapan. Dan belum ditetapkan apalagi pencabutan nomor urut. Karena terkendala masalah domisili seorang bakal calon,” ucap Safrijal.

“Kita sudah memanggil semua yang terlibat dalam pemilihan ini untuk diambil jalan keluarnya. Namun pada saat selesai musyawarah, para Panitia P2K mengundurkan diri. Yang saya ketahui persolannya dari plt kepala desa mengatakan tidak berani mengeluarkan surat rekomendasi. Karena yang bersangkutan salah satu balon bermasalah dengan domisili,” paparnya.

Sesuai peraturan, bahwa salah satunya persyaratan tersebut menjelaskan, balon harus berdomisili sekurang-kurangnya tiga tahun menetap di desa tersebut. Dan dibuktikan dengan surat keterangan domisili.

“Rencananya besok kita akan turun ke desa tersebut bersama Muspika, Kabag Pemeritahan, Kabag Hukum untuk mengambil langkah cepat. Karena masa pemilihan tinggal tiga hari lagi apakah terkejar waktunya itu,” ungkap Safrijal.

Calonnya ada empat orang. Termasuk salah satunya yang diduga bermasalah dengan domisili, sehingga plt kepala desa tidak berani mengeluarkan Rekomendasi tersebut.

“Kita akan tetap melakukan langkah langkah persuasif mengenai hal ini. Dan kita berharap semua berjalan lancar besok tanpa ada kedala,” harap Safrijal.

Laporan : Ramail

Editor.    : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here