Salah Cetak Blangko, Lima Caleg Dapil II Datangi KPU Banyuasin Tuntut Pemilihan Ulang

125

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Lima calon legislatif dapil II, Kecamatan Tungkal Ilir, Betung, Suak Tapeh dan Pulau Rimau, Rabu (17/4/2019) mendatangi kantor KPU Kabupaten Banyuasin. Kelimanya menuntut agar diadakannya pemilihan ulang menyusul terjadinya kesalahan cetak surat suara pada pemilihan umum yang di selenggarakan serentak hari ini.

Kelima Caleg tersebut, diantaranya Jupriyadi dari PDIP, Fahmiwati dari Golkar, Periadi dari PKB, Suharto dari Golkar dan Yeni dari Gerindra. Kepada awak media, kelimanya mengaku merasa dirugikan atas insiden tersebut.

Tak hanya itu, kelimanya juga meminta pihak KPU untuk membayar ganti rugi atas biaya yang telah dikeluarkan selama proses tahapan pemilu.

“KPU harus bertanggung jawab, kami datang agar diadakannya pemilihan ulang, kami tidak terima atas keteledoran yang telah dilakukan pihak KPU Kabupaten Banyuasin atas terjadinya kesalahan cetak surat suara itu.” Ujar Jupriyadi di dampingi ke Empat caleg dapil II lainnya.

Keluhan serupa juga disampaikan Periadi. Bahkan ia menambahkan meminta pihak KPU mengganti biaya saksi para caleg.

“Soal biaya sepenuhnya di bebankan kepada KPU Kabupaten Banyuasin, termasuk biaya saksi caleg,” timpal Periadi..

“Tadi Ketua KPU mengatakan kepada kami dan meminta tempo 10 hari dari sekarang untuk diadakannya pemilihan ulang. Kami menunggu itu” imbuh dia.

Sementara itu, Caleg Partai Golkar Fahmiwati meminta surat suara yang terlanjur di coblos agar dianggap sah oleh KPU, dan dapat dikembalikan sesuai dengan nomor urut dapil masing-masing.

“Tuntutan kami hanya tiga; 1. Adakan pemilihan ulang untuk seluruh dapil II; 2. Segala kerugian ditanggung sepenuhnya oleh KPU dan terakhir atau ke 3. Suara yang sudah terlanjur di coblos di kembalikan sesuai dengan nomor urut dapil masing-masing.” Terangnya.

Di tempat terpisah, Ketua Komisioner KPU Kabupaten Banyuasin, Agus Supriyanto saat mau di konfirmasi wartawan tidak berhasil di temui di ruangannya. Bahkan rombongan wartawan tidak diperbolehkan masuk di Gedung KPUD kabupaten Banyuasin.

Sumber : Herwanto

Editor .   : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here