SaksiKu, Cara Golkar Kawal Pemilu

337
Foto bersama Ketua DPD Partai Golkar Lampung Arinal Djunaidi, Caleg DPR dapil Lampung I Azis Syamsuddin, dan jajaran pengurus di sela kegiatan TOT dan Bimtek Aplikasi SaksiKu, di Kantor DPD Partai Golkar Lampung, Senin (25/2/2019). (foto: ist)

Sumateranews.co.id, BANDARLAMPUNG – Ketua DPD Partai Golkar Lampung, yang juga gubernur terpilih 2019-2024 Arinal Djunaidi memperkenalkan aplikasi SaksiKu. Yakni satu platform aplikasi teknologi digital berbasis Android besutan partai nomor urut 4 itu guna jadi tools mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019.

Arinal mengenalkan aplikasi ciamik itu saat membuka kegiatan Training Of Trainer (ToT) dan Bimbingan Teknik Aplikasi SaksiKu Partai Golkar Lampung, Senin (25/9/2019).

Pantauan redaksi, Senin malam pukul 23.44 WIB, aplikasi bebas unduh SaksiKu kreasi PT Aba Sarana Lestari ini telah tersedia di PlayStore.

Ada SaksiKu Tools berkapasitas 13,09 MB, aplikasi untuk koordinator petugas uploader dokumen C1 yang belum diunggah petugas saksi TPS. Ada juga SaksiKu 4G, berkapasitas 14,08 MB, aplikasi saksi untuk melaporkan hasil penghitungan suara Pileg 2019.

Terakhir, ada SaksiKu 4G, berkapasitas 23,67 MB, aplikasi pelaporan saksi atas hasil rekapitulasi perhitungan suara Pileg 2019.

“Tujuan SaksiKu, meningkatkan dan memudahkan pengawasan pelaksanaan pemilu mendatang. Setiap saksi Partai Golkar di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) akan dibekali dengan aplikasi ini,” ujar Arinal, dalam keterangan tertulisnya.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor DPD Partai Golkar Lampung, Jalan Juanda, Pahoman, Bandarlampung, itu diikuti perwakilan dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, dihadiri calon anggota DPR dari Partai Golkar Azis Syamsudin serta para pengurus dan kader Golkar Lampung. “Peserta TOT selanjutnya akan melatih para saksi TPS seluruh daerah,” tutup Arinal.

Catatan redaksi, pasca-coklit KPU kabupaten/kota dan adanya gerakan melindungi hak pilih, hasil pleno KPU Lampung, jumlah DPT Lampung naik 221.694 jadi 6.101.544 pemilih. Efek domino, bertambah pula jumlah TPS dari sebelumnya 26.308 TPS –setelah ada penambahan 3,7 persen pemilih– menjadi 26.336 TPS.

 

Laporan          : Muzzamil

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here