Sabu 17 kg dan 200 Ekstasi Dimusnahkan BNNP Sumsel

0
199

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 17 bungkus atau 17 kilogram (kg) dan pil ekstasi sebanyak 200 butir di kantor BNNP Sumsel Palembang, Kamis (13/9/2018).

Pemusnahan dipimpin langsung Kepala BNN Sumsel Brigjen Pol. Drs. Jhon Turman Panjaitan didampingi oleh perwakilan dari Kejati, Direktorat Narkoba AKBP Pol Amazon Polda Sumsel, dan toko agama Sumsel.

Barang bukti yang dimusnahkan hasil tangkapan dari tersangka Hila Rion Sapta bin Arsyah TKP di parkiran Hotel Sriwijaya Primere Jalan Puncak Sekuning Bukit Besar Palembang. Berupa 17 bungkus atau 17 kilogram (kg) sabu dan dua tersangka ekstasi 200 butir yang bernama Walkopli Zaira bin Zaini, Ana Patra bin Hasbiran, TKP pertama Jalan H. Madnur RT 07 Kelurahan Muara Enim Kecamatan Lubuk Linggau Barat 1 Kota Lubuk Linggau.

Setelah itu dilakukan pengembangan di TKP kedua di Jalan H. Madnur RT 9 Kelurahan Muara Enim Kecamatan Lubuk Linggau.

Dijelaskannya, untuk narkoba jenis sabu didapat dari tersangka Hila Rion Sapta di Jalan Puncak Sekuning Bukit Besar Palembang dengan barang bukti 17 kilogram sabu pada hari Kamis tanggal 9 Agustus 2018 yang lalu. Tidak hanya itu petugas menangkap pengedar ekstasi didapat dari tersangka Walkopli Zaira bin Zaini dan petugas melakukan pengembangan dan meringkus tersangka Ana Patra bin Hasbiran di Jalan H. Madnur Muara Enim Lubuk Linggau dengan barang bukti 200 butir ekstasi pada hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018 yang lalu.

Jendral bintang satu ini menuturkan pemusnahan ini merupakan langkah tegas dari BNNP Sumsel dalam memberantas peredaran narkoba. Sebab sebelum tersangka menjalani persidangan dengan berkoordinasi kejaksaan maka barang bukti harus dimusnahkan.
Jhon Turman Panjaitan menambahkan, tersangka dikenakan pasal tentang narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup atau hukuman mati atau kurungan penjara selama 20 tahun.

Berdasarkan pantauan wartawan di seluruh barang bukti tangkapan narkoba jenis sabu dan pil ekstasi dimusnahkan dengan menggunakan mesin berender dengan ukuran kecil dan besar milik BNNP Sumsel.

Laporan          : Yudi
Editor/Posting : Imam Ghazali