BanyuasinOlahragaSecond HeadlineSumsel

Sabet Medali Emas, Panahan Banyuasin Tunjukkan Prestasi

Sumateranews.co.id, BANYUASIN— Kejuaraan daerah yang dilaksanakan oleh Persatuan Panahan Indonesia Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, diikuti oleh atlet – atlet panahan dari kabupaten kota yang memperebutkan medali dari beberapa nomor pertandingan. Kejuaraan ini diperlombakan guna mencari atlet yang berprestasi untuk mewakili Sumatera Selatan pada aja pra-Pon di Jakarta nanti, Senin (05/08).

Kejurda dan Selekda panahan ini dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 4 Agustus 2019 lalu di lapangan Sriwalk Palembang Jalan HM Noerdin Panji Sukamaju Palembang. Kegiatan ini diikuti oleh 89 atlet yang mewakili kabupaten/kota se-Sumatera Selatan.

Adapun nomor yang dipertandingkan adalah FITA Recuve 70 meter (2 sesi, untuk segala umur), FITA Compound 50 meter (2 sesi, untuk segala umur), Standar Nasional 50/40/30meter (max umur 30 tahun), dan Barebow 30 meter (untuk ajang open turnamen).

Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Provinsi Sumatera Selatan Drs. M. Dhani Indra menyampaikan bahwa Cabor Panahan di Sumatera Selatan masih dalam rangka pembinaan dan perbaikan.

“Memang kita akui bahwa Sumatera Selatan belum banyak memberikan sumbangsih prestasi di level nasional. Tapi, hal tersebut bukan berarti halangan bagi cabor panahan Sumsel untuk memulai prestasi di level nasional. Di kepengurusan yang baru ini sudah ada beberapa langkah strategis yang telah kami lakukan,” katanya.

Salah satunya lanjut dia, kita telah melakukan sertifikasi kepelatihan dan wasit daerah yang telah melahirkan pelatih-pelatih dan wasit yang bersetifikat Perpani. ‘’Dan kita telah berhasil melaksanakan Kejurda yang selama ini belum pernah kita lakukan,’’ cetusnya.

“Ke depan harapan kami melalui Kejurda pemetaan kemampuan atlet panahan Sumatera Selatan dapat terpetakan dan dapat dilakukan langkah-langkah strategis dalam rangka peningkatan prestasi panahan ini,” ujarnya.

Sementara, Perpani Kabupaten Banyuasin juga mengirimkan altet untuk mengikuti Kejurda Sumsel ini. Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim, ST MM MBA mengapriasi Atlet Banyuasin yang telah mengikuti ajang perlombaan ini walaupun hanya memperoleh satu medali emas pada nomor pertandingan Barebow putri yang diraih oleh Alviana siswa SMA Negeri No 1 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin.

“Kita cukup berbangga atas raihan ini, bersaing dengan kabupaten/kota lain terutama Palembang dan Muba yang selama ini cabor panahan telah memberikan prestasi di kabupaten/kota tersebut. Atlet banyuasin tidak gentar dan bisa memberikan medali emas untuk Kabupaten Banyuasin di level provinsi. Harapan kita ke depan, akan memperbaiki metoda pelatihan dan peningkatan prestasi cabor panahan. Sehingga cabor olah raga sunnah nabi ini dapat lebih berprestasi di level nasional, sesuai dengan amanah Bupati Banyuasin H Askolani. Yakni, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas,” tandasnya.

Laporan          : Herwanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button