Saat Terima Senpira dari Warga, Ini 4 Hal yang disampaikan Kapolres Prabumulih

0
297
Kpolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE, saat menerima sejumlah senpira milik warga, di kantor Kelurahan Gunung Kemala, Jalan Lingkar, Kamis (09/11)

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Kesadaran masyarakat akan bahaya menyimpan dan menggunakan senjata api (senpi) belakangan ini terus tinggi. Setelah beberapa hari sebelumnya menerima senjata api rakitan (senpira) jenis laras panjang dari warga desa Muara Sungai Kecamatan Cambai, kini Kepolisian resort (Polres) Prabumulih kembali menerima senpira dari warga Kelurahan Patih Galung dan Kelurahan Gunung Kemala Kecamatan Prabumulih Barat, Kamis (09/11).

Bahkan tak tanggung-tanggung, dari dua kelurahan ini warga menyerahkan sebanyak tujuh (7) senpira terdiri dari 5 pucuk senjata api rakitan jenis laras panjang, dan 2 pucuk pistol rakitan jenis Rev dan FN. Ketujuh senpi ini langsung diterima oleh Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE, dan disaksikan oleh Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Sofyan Afandi SH, Lurah Gunung Kemala, Sumarden SKM, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak dan memberikan apresiasi kepada warga yang telah secara sukarela dan kesadarannya untuk menyerahkan senjata api rakitan ini. Terima kasih juga kepada para bhabinkamtibmas yang telah bekerja keras menghimbau dan DDS ( Door to door sistem) kerumah rumah warga binaannya,” ungkap Kapolres, dalam sambutannya usai menerima senpira di Kantor Kelurahan Gunung Kemala, Jalang Lingkar Prabumulih Barat.

Selain mengingatkan bahaya menyimpan dan menggunakan senjata api karena dilarang dan terancam sanksi hukuman penjara diatas 10 tahun, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Darurat No 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api dan bahan peledak, Andes juga menyampaikan 4 hal penting lainnya kepada warga yang hadir.

Keempat hal dimaksud itu, diantaranya; meminta warga untuk tidak mudah terpengaruh dengan hasutan propokator propokator yang tidak bertanggung jawab. “Apalagi sebentar lagi Kota Prabumulih akan melaksanakan Pilkada kota Prabumulih. Kedua, jaga selalu keamanan sekitar lingkungan tempat tinggal kita karena keamanan bukan tanggung jawab kepolisian saja tetapi tanggung jawab kita bersama,” jelas Andes.

Selanjutnya, point ketiga Kapolres meminta masyarakat dalam menjelang pergantian tahun yang tidak lama lagi agar tidak menggelar acara berlebihan seperti mengadakan pertunjukan orgen tunggal, minum minuman keras, bermain kembang api dan lainnya.

Terakhir, Andes mengingatkan untuk selalu mengawasi pergaulan anak anak terutama dalam penggunaan alat telekomunikasi handphone. “Jangan sampai terpengaruh oleh budaya luar karena jaman sekarang sudah maju dan canggih akan tehnologi karena dari handphone segala sesuatu bisa dilihat,” tegas Kapolres.

Pantauan sumateranews.co.id, acara penyerahan ke 7 senjata api rakitan yang digelar di Kantor Lurah Gunung Kemala, Jalan Lingkar Kelurahan Gunung Kemala Kecamatan Prabumulih Barat, berlangsung tertib dan lancar. Penyerahan beberapa senpira dari Kelurahan Patih Galung langsung dilakukan oleh tokoh masyarakatnya, Choi dan Adik. Sementara di Kelurahan Gunung Kemala dilakukan oleh Lurahnya, Sumarden.

Laporan  : Donny

Posting    : Andre