Rumah Zakat Adakan Pelatihan Pengurusan Jenazah

34

MUBARumah Zakat mengadakan pelatihan pengurusan jenazah, dihadiri oleh 34 ibu-ibu yang merupakan perwakilan setiap dusun di desa Mulyorejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin Senin (28/09/20).

Relawan Inspirasi Rumah Zakat H. Hariansyah Lc Med, dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak yang tidak berani memandikan karena takut yang tidak beralasan dan juga karena ketiadaan ilmu, dan pelantikan ini bertujuan untuk menghilangkan stigma tersebut.

“Masyarakat masih belum memahami dalam pengurusan jenazah. Hari ini kita ajak P3N desa Sri Gunung untuk mengisi karena beliau sudah berpengalaman”, ujar Hariansyah.

Dikatakan  Beliau memberikan beberapa tips dan cara mengafani. Diantaranya penggunaan biang teh dan minyak goreng untuk jenazah yang ditunda pengurusannya. Agar persendian tidak kaku saat dimandikan. Penjelasannya disertai praktek dengan menggunakan boneka yang terkadang diselingi oleh pertanyaan dari peserta.

“Meninggalkan dunia selama-lamanya merupakan sebuah keniscayaan bagi setiap manusia. Dan pengurusan jenazah merupakan fardhu kifayah bagi umat Islam.  Seluruh penduduk akan berdosa jika hal ini tidak dilakukan”, ulasnya.

Menurutnya di masa sekarang ini tidak banyak yang bisa melakukan hal tersebut, bahkan di beberapa tempat, kaum lelaki terpaksa membantu memandikan dan mengafani jenazah perempuan. Bahkan terkadang prosesinya ditonton oleh khalayak ramai sehingga aurat jenazah diketahui oleh orang banyak.

“Sudah dua kali kita adakan pengurusan jenazah ini, kali kesempatan ini para peserta langsung mempraktekkan ilmu yang telah dijelaskan sebelumnya. Mulai memotong kain kafan sampai pembungkusa”, tutupnya.

 

Sumber : Rumah Zakat III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here