RSUD MUARA ENIM BANGUN IPAL DANA DAK ANGGARAN 2017

0
190

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM- Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) RSUD HM Rabain Kabupaten Muara Enim yang berkapasitas 180 m3 perhari telah diresmikan secara simbolis Bupati Kabupaten Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar di gedung serba guna RSUD H M Rabain, Kamis (15/02).

Direktur RSUD H M Rabain Kabupaten Muara Enim, dr Suwandi Safitra SpA mengatakan, pembangunan IPAL dilakukan sehubungan dengan adanya pengembangan gedung RSUD H M Rabain Kabupaten Muara Enim yang telah berkapasitas 273 tempat tidur.

‘’Terdiri dari gedung lama, VVIP, anak-anak dan kelas III. Dengan bertambahnya pembangunan tentu volume pemakaian air perhari juga akan bertambah. Sehingga diperlukan alat pengolahan limbah cair yang memenuhi kapasitas dari 273 tempat tidur juga pemakaian air minimal 140 M3 perhari,’’ ujar dr. Suwandi.

Dikatakannya, untuk menindaklanjuti hal tersebut yaitu pihaknya menggunakan dana alokasi khusus (DAK) fisik penugasan, tahun anggaran 2017.

“Dana tersebut kita alokasikan untuk pengadaan alat pengolah air dan limbah dengan kapasitas 180 m3 perhari dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 360,” tegasnya.

Laporan : Deka Saputra
Editor/Posting : Imam Ghazali