Ribuan Warga RL Tonton Film G30S/PKI

0
218

 

 

Sumateranews.co.id, BENGKULU- Ribuan masyarakat Rejang Lebong (RL) Sabtu (30/09) malam pukul 20.00 WIB memadati Gedung Pemuda dan Olahraga (GOR) Curup, guna nonton bareng (nobar) pemutaran Film G30S PKI yang diselenggarakan Kodim 0409 Rejang Lebong. Tak hanya kalangan masyarakat umum dan pelajar se-Kabupaten Rejang Lebong yang antusias untuk hadir, tapi juga dari pejabat tinggi Rejang Lebong, seperti Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, dan unsur FKPD.

Wakil Bupati Rejang Lebong Iqbal Bastari yang turut hadir, sempat memberikan arahan dan motivasi kepada para pelajar yang hadir. “Film Pengkhianatan G30S/PKI ini bisa menjadi sebagai tongkat pemersatu keberagaman masyarakat. Dari film ini kita dapat mengingat kembali sejarah yang pernah terjadi. Untuk itu jangan pernah kita melupakan sejarah,” ujar Wabup.

Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Kav Hendra S Nuryahya mengungkapkan, tujuan pemutaran Film G30S/PKI ini untuk mengingatkan kembali sejarah kekejaman PKI yang berusaha merongrong keutuhan NKRI. Karena menurutnya itu merupakan sejarah kelam bangsa Indonesia. “Film ini sebagai refleksi, untuk mengingatkan kembali sejarah bangsa, karena Indonesia memiliki sejarah kelam, yang tidak bisa dilupakan,” tegas Dandim.

Dikatakan Dandim, melalui kegiatan tersebut, kita dapat mengetahui pemahaman masyarakat, terkhusus para siswa/pelajar terhadap sejarah bangsa Indonesia, dimana dalam kegiatan itu sebelumnya salah satu pelajar diminta untuk menyebutkan poin-poin Pancasila namun tidak hafal.

“Ini sebagai bukti, tadi salah satu pelajar, kami suruh mengucapkan Pancasila saja tidak hafal, ini sebagai bukti langsung, tanpa direkayasa dan seperti itulah adanya. Untuk itu supaya sejarah itu tidak hilang, salah satunya digelar kegiatan seperti ini,” tandas Dandim.

Laporan : Benny Septiadi

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre