Ribuan Santri Tahfiz Diwisuda

0
125

Sumateranews.co.id, INDRALAYA – Tidak kurang dari 2500 Santri Tahfiz yang ada di 17 Kabupaten se-Sumatera Selatan dan perwakilan Provinsi Jambi diwisuda. Perhelatannya dilaksanakan Minggu (22/10/17) di Kelurahan Tanjung Batu Kecamatan Tanjung Batu  Kabupaten Ogan Ilir (OI‎)  Sumatera Selatan.

Perwakilan dari 2500‎ santri tahfiz yang diwisuda tersebut akan diwakili  secara simbolis oleh 200 santri tahfiz perwakilan dari 200 rumah tahfiz yang ada Sumatera Selatan dan Jambi.

Dikatakan ketua panitia yang juga Camat Tanjung Batu, Azhari Adan SIp, Wisuda Tahfiz tahun ini merupakan wisuda ke delapan dan merupakan wisuda pertama yang dilaksanakan secara serentak di 12 provinsi yang ada di Indonesia. Di antaranya Jawa Tengah, Jakarta, dan  Sumsel. Juga, serentak di 15 negara di dunia yaitu Palestina, Mesir, Hongkong, Taiwan, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Turki, Arab Saudi, Korea Selatan, Malaysia, Sudan, Jerman, Yordania, Siria, dan Libanon.

Program mendunia menghafal  dari Ustadz Yusuf Mansyur, yang disebut “Dunia Menghafal” merupakan pertama kali dilakukan secara serentak.

Acara wisuda dunia ini antara lain ‎ dihadiri langsung Syeh Mishri dari Mesir, Syeh Belal dari Palestina,  Wakil Gubernur H. Ishak Mekki, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, Ketua DPRD OI, Ustadz Cecep Pembina Tahfiz Sumsel, dan Mgs. H. Faizan Yayan pelopor rumah Tahfiz se-Sumsel.

Para santri yang diwisuda tersebut yaitu hafalan 1, 5, 10, 20, dan 25 Juz ‎ dan surat Al Fateha. Wisuda dilakukan Wakil Gubernur Sumatera Selatan H.Ishak Mekki, didampingi Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, Syeh Al Mishri, dan Syeh Al Belal.

‎Pada kesempatan tersebut, Bupati OI HM.Ilyas Panji Alam antara lain mengatakan bahwa  wisuda akbar dunia menghafal ini merupakan jalinan silaturahmi antarsesama tahfiz, dapat membawa berkah, pendidikan  menjadi tolak ukur dari suatu bangsa karena dengan pendidikan akan memakmurkan bangsa itu sendiri. Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Wagub Sumsel‎.

Dalam arahannya antara lain Wagub mengatakan bahwa banyak berdiri rumah tahfiz di Sumatera Selatan, yang bertujuan agar anak anak dapat ilmu yang bermanfaat dan bisa menghafal Al Quran. Dengan digelarnya wisuda ini menunjukkan keberhasilan rumah tahfiz tersebut.

Lanjutnya, Ilmu Alquran adalah sumber inspirasi ilmu pengetahuan dan tak akan pernah habis untuk digali dan dikaji. Al Quran sumber dari segala ilmu, merupakan tuntunan hidup, dunia dan akhirat.

 

Laporan            : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article