Ribuan Anak Ikuti Manasik Haji Akbar di Tanjung Senai

0
145

Sumateranews.co.id, OGAN ILIR- Ribuan siswa-siswi dari berbagai Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK)  se- Kabupaten Ogan Ilir turut ambil bagian pada kegiatan Manasik Haji Cilik Akbar yang dibuka secara resmi oleh Sekda Ogan Ilir H Herman SH,MM didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir Islah Corie, S.Pd, M.Si, Kamis (12/4).

Ribuan calon haji cilik ini dipandu oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Ogan Ilir sebagai pembimbing Ibadah dibantu oleh masing-masing tenaga pendidik dan panitia dalam melaksanakan praktek ritual perhajian seperti menggunakan pakai Ihram, berniat, wukuf, mabit, melontar jumroh, tawaf mengelilingi miniatur ka’bah, sa’I, dan tahalul termasuk doa-doanya.

Peserta Manasik Haji Cilik Akbar yang diikuti 16 Kecamatan Lembaga PAUD,TK, RA dibagi menjadi 16 Kelompok Terbang (Kloter) Perkecamatan se-Kabupaten Ogan Ilir tampak sangat antusias mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Perkantoran Tanjung Senai Ogan Ilir

Marsudi, S.Pd M.Si  Ketua Panitia pelaksana acara manasik Akbar mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat baik. Artinya kegiatan ini selain sebagai edukasi untuk menanamkan nilai-nilai Islam sejak usia dini, tentunya dapat menambah ilmu pengetahuan Siswa PAUD, TK, RA terkait dengan rukun Islam yang ke lima, serta dapat mendidik anak menjadi anak-anak yang berkarakter.

“Dengan harapan, ke depan para generasi muda bangsa ini nantinya memiliki pengetahuan dan pengalaman rukun Islam kelima naik haji ke Mekah melalui praktik manasik haji cilik dan kegiatan ini pasti akan tersimpan di memori masing-masing anak,” ujar Marsudi.

Selain itu tambahnya, tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkembangkan kegiatan silaturahmi di antara orang-orang tua wali murid dan bunda-bunda PAUD.

Sementara salah satu orang tua siswa mengatakan semoga dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, anak-anak menjadi anak-anak yang soleh dan soleha, serta menjadi generasi tangguh pewaris bangsa.

Laporan          : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting : Imam Ghazali