Resahkan Petani, 60 Babi Ditembak Mati

1558

Sumateranews.co.id, MUSIRAWAS- Sebanyak 150 orang penembak jitu, yang tergabung dalam 28 tim masing-masing perwakilan organisasi Perbankin Mura, Lubuklinggau, dan Muratara turun gunung mengikuti ajang Safari Berburu Hama Babi yang sering merusak tanam tumbuh petani.

Kegiatan ini  digelar oleh Ketua Perbakin Kabupaten Musirawas H. Aidil Rusman dalam menyemarakan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia  tahun 2019.

Pelepasan peserta dipimpin langsung Ketua Perbankin Kabupaten Musirawas Ir. Aidil Rusman. Turut hadir langsung Anggota DPRD Sumsel dari Fraksi PDI Perjuangan Sri Herlina Nita Utami di Sekretariat Perbakin Mura.

Untuk diketahui, dalam kesempatan Safari Berburu kali ini. Para peserta dilepas, kemudian selama dua hari diberikan kesempatan menyisir sejumlah titik rute berburu. Di antaranya, sebagian besar rute difokuskan beberapa titik sepajang areal perkebunan sawit PT. Lounsum Ketapat Bening Estate yang berada di wilayah Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara.

Menariknya lagi, setiap peserta berhasil memenuhi target. Dan yang menjadi pemenang  berkesempatan mendapatkan tropi beserta uang pembinaan. Satu ekor Hama Babi dihargai sebesar Rp 150 ribu.

Dalam kesempata itu, ketua panitia Sujatmiko mengatakan untuk ajang Safari Berburu, merupakan ajang tahunan Perbankin Mura dalam menyemarakkan HUT RI.

”Kegiatan berburu secara rutin Perbankin lakukan. Akan tetapi, memang setiap tahun kita gulirkan dalam agenda Safari Berburu menyemarakkan HUT Kemerdekan. Adapun langkah kita lakukan tidak sekedar perlobaan biasa, melainkan dengan berburu kita menolong  dan peduli akan nasib petani. Bersama ini pula, dengan berburu kita bisa salurankan hobi menembak, sekaligus memberantas hama babi yang meresahkan petani,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sujatmiko yang juga Wakil Ketua Perbankin Mura menyebutkan dalam pelaksaan Safari Bberburu antusias diikuti kurang lebih 150 orang penembak. Semuanya perwakilan penembak Perbakin tiga wilayah Mura, Lubuklinggau, dan Muratara.

“Teknisnya, para peserta berburu menggunakan senjata standar perbankin TNI-Polri. Dan dalam setiap kesempatan berburu peserta ditargetkan mampu menembak sebanyak-banyaknya hama babi,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Perbakin Kabupaten Musirawas Ir. H Aidil Rusman yang juga Kepala Dinas PU-BM Musirawas mengatakan, dalam pelaksanaan berburu pihaknya mengimbau seluruh peserta menjunjung semangat kebersamaan, tetap menjaga stamina dan meningkatkan target bersama untuk sama-sama menjaga keamanan.

“Safari Berburu sudah menjadi agenda tahunan. Nah, dengan berburu sebagai upaya nyata membantu masyarakat para petani, dimana terus diganggunya kehadiran hama babi sangatlah berpengaruh pada hasil produksi petani,” ungkapnya.

Selain itu, dalam pelaksaan berburu sendiri dilangsungkan dengan semenarik mungkin. Untuk itu, kesempatan safari berburu tahun ini sedikit lebih berbeda. Meskipun, usia berburu siapa mampu mengejar target itulah pemenangnya.

“Untuk lebih menariknya lagi, usai dua hari berburu. Semua hasil berburu dihitung, kemudian usai berburu bagi peserta dinyatakan membasmi hama babi paling banyak keluar sebagai pemenang. Selanjutnya, selain diberikan tropi juara dan hasil berburu nantinya yakni satu ekor babi oleh panitian digantikan Rp 150 ribu sebagai uang pembinaan,” katanya.

“Setelah dua hari menjalankan Safari Berburu babi dalam hutan, sebanyak 60 ekor babi yang didapatkan,” pungkasnya, Selasa, 27/8/2019.

Laporan          : Shandy April

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here