Resahkan Masyarakat, Residivis Curas Keok Didor

162
CURAS: Tersangka Muslimin alias Lemen (38), warga Desa Sukacinta Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim, saat diamankan di Mapolsek Sungai Rotan. Residivis sejumlah kasus pencurian ini akhirnya keok setelah dilumpuhkan anggota Satreskrim Polsek Sungai Rotan dengan sebutir timah panas pada bagian kaki kanannya, Rabu (21/11/2018) sore, sekitar pukul 14.00 Wib.

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM – Berakhir sudah sepak terjang Muslimin Alias Lemen (38), warga Desa Sukacinta Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. Residivis sejumlah kasus pencurian ini akhirnya keok setelah dilumpuhkan anggota Satreskrim Polsek Sungai Rotan dengan sebutir timah panas pada bagian kaki kanannya, Rabu (21/11/2018) sore, sekitar pukul 14.00 Wib.

Tersangka berhasil diringkus saat sedang santai dihalaman depan rumah salah satu temannya, Aan di Desa Sukacinta Kecamatan Sungai Rotan Muara Enim. Drama penangkapan tersangka oleh 6 (enam) anggota Satreskrim Polsek Sungai Rotan ini sempat berlangsung sengit. Buronan (DPO) sejumlah kasus curat ini mencoba memberikan perlawanan sehingga petugas pun terpaksa memberikan tembakan peringatan dua kali ke udara.

Diberikan peringatan itu, pelaku bukannya menyerah malah memilih kabur sehingga akhirnya petugas memberikan tindakan tegas dan terukur dengan mengarahkan tembakan kearah bagian kaki sebelah kanan pelaku sehingga berhasil membuatnya tersungkur. Selanjutnya sebelum diamankan ke Mapolsek Sungai Rotan, tersangka terlebih dahulu diberikan pertolongan pertama dengan membawanya ke Puskesmas Sukarame.

Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono SIk SH melalui Kapolsek Sungai Rotan, AKP A Pitoy Sanggiti SH kepada pewarta mengatakan, penangkapan terhadap tersangka Lemen karena dugaan keterlibatannya pada sejumlah kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) di wilayah hukumnya.

“Laporan terakhir yang kita terima dari korban dia, yakni kasus pencurian dirumah milik saudara Sarkowi (54) di Kampung II desa Sukacinta, pada Jumat tanggal 18 Mei 2018 sekira Pukul 12.00 Wib lalu. Pelaku masuk kerumah korban, dengan cara melewati atap belakang rumah kemudian mengambil 1 Unit TV warna Hitam 32 inchi merk LG, dan satunya lagi Siti Jamilah (35), warga Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih. Ibu rumah tangga ini melaporkan kehilangan sepeda motornya setelah diambil paksa pelaku dan 5 teman komplotannya, saat melintasi antara jalan desa Sukacinta dengan desa Penandingan Sungai Rotan, pada Sabtu (21/07/2018) malam, sekira pukul 21.30 Wib,” terang Kapolsek.

Dari sejumlah laporan itu, kemudian petugas Polsek Sungai Rotan melakukan penyelidikan dan mendapati satu nama tersangka, yang memang masuk DPO kepolisian. Selanjutnya usai memeroleh Informasi tersangka sedang berada dihalaman rumah Aan, Kapolsek Sungai Rotan AKP A Pitoi Sanggiti SH MH memerintahkan 6 (enam) personil Polsek Sungai Rotan, yakni Aiptu Mar Erwin, Bripka Sudarso, Bripka Trisnosoloso, Bripka Chairul Akbar, Brigadir Sudarsih, dan Brigadir Defri Pratama meluncur ke lokasi tersebut.

“Saat dilakukan penangkapan tersangka memberikan perlawanan, sehingga personil kita terpaksa melakukan tindakan tegas dengan mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak 2 kali ke udara kemudian sekali diarahkan kekaki sebelah kanan bagian dalam sehingga bisa ditangkap. Tersangka kini masih menjalani pemeriksaan guna pengembangan penyidikan lebih lanjut,” tegasnya seraya menambahkan aksi tersangka dan komplotannya selama ini banyak meresahkan masyarakat, dan tak segan melukai para korbannya.

“Pelaku adalah residivis dengan kasus yang sama dan salah satu pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang sangat meresahkan masyarakat, dan menjadi DPO kita,” tukasnya.

Laporan : Deka Saputra

Editor     : Donny

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here