Rela Berpanas-Panasan, Belasan Polisi Satlantas Prabumulih ini Turun ke Jalan Perbaiki Jalan Berlubang

0
314
Lubang: Tampak sejumlah anggota Satlantas Polres Prabumul;ih, saat memperbaiki dan menampal sulam jalan berlubang di sejumlah titik di sepanjang Jala Jenderal Sudirman, Senin (08/01) siang.

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Melihat jajaran personel dari Satlantas turun ke jalan melakukan razia dan penertiban lalu lintas para pengguna jalan, mungkin sudah biasa dan sering ditemui. Namun kali ini, pemandangan berbeda ditunjukan oleh jajaran polisi Satlantas Polres Prabumulih. Dengan tetap menggenakan pakaian seragam lengkap, belasan petugas Satlantas ini bergotong royong dengan menggunakan peralatan seadanya memperbaiki dan menampal sulam jalan berlubang yang ada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman kota Prabumulih, Senin (08/01) siang, sekitar pukul 14.30 WIB.

Bahkan, para polisi lantas ini rela berpanas-panasan dan mandi keringat saat melakukan pengecoran lubang jalan yang sering mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara bermotor yang melintas di kawasan Jalan Jenderal Sudirman kota Prabumulih.

Tak sampai disitu, dengan semangat dan sedikitpun tidak terlihat perasaan malu para petugas ini bekerja serta memberikan tanda di beberapa titik lubang jalan yang kondisinya sudah bergelombang di sepanjang jalan Sudirman tersebut.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Lantas, AKP Nofrizal Dwiyanto SH mengatakan, penambalan jalan berlubang itu dilakukan untuk mengidentifikasi jalan berlubang yang berada di ruas sibuk di wilayah hukum Polres Prabumulih.

“Kita lakukan ini karena kondisi jalan lubangnya cukup dalam, supaya tidak terjadi kecelakaan. Dari informasi warga masyarakat bahwa di beberapa titik jalan Sudirman ini sering mengakibatkan pengendara motor terjatuh dan sangat membahayakan keselamatan warga,” ungkap AKP Nofrizal usai melakukan pengecoran jalan berlubang tersebut.

Dia katakan, meski pengecoran jalan berlubang yang dilakukan hanyalah bersifat penanganan sementara namun ia mengharapkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. Selain menampal jalan berlubang anggota Satlantas inipun memberikan tanda garis-garis berupa cat putih pada jalan yang bergelombang.

“Iya kalau jalan yang bergelombang sementara kita kasih tanda pakai cat putih supaya kelihatan kalau kondisi jalannya itu sedikit bergelombang. Dan kita akan segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Kita lakukan pengecoran jalan ini untuk yang memang lubangnya parah. Jangan sampai ada korban yang terperosok dan jatuh,” tandasnya.

Dari pantauan, pelaksanaan pengecoran salah satunya dilakukan di sekitar kawasan Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya sekitar depan Kantor BPJS Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih. Dipilihnya lokasi itu, selain memang kondisinya cukup parah dan aspal badan jalan mengelupas. Juga memiliki kedalaman yang bervariasi sehingga jika dibiarkan kondisinya semakin parah karena sering terendam air hujan.

“Awalnya kami terkejut, tapi begitu mengetahui dan melihat rombongan polisi lantas turun ke jalan bergotong royong memperbaiki jalan berlubang kami sangat bangga. Semoga ini dapat dicontoh oleh aparat lain dan instansi terkait karena memang kondisi jalan disitu (Jalan Jenderal Sudirman) sudah banyak yang rusak dan berlubang. Tidak sedikit motor yang terbalik dan mengalami kecelakaan ketika melintas di sekitar itu,” ujar Kandar (54), warga sekitar Jalan Jenderal Sudirman, dibincangi saat menyaksikan perbaikan jalan Jenderal Sudirman oleh jajaran Satlantas Polres Prabumulih.

Laporan : Taufik Hidayat

Editor     : Donny