Razia PCC, Polres Rejang Lebong Temukan Obat Expired

0
296

Sumateranews.co.id, BENGKULU – Guna mengantisipasi peredaran narkoba jenis PCC, dan obat-obatan yang telah habis masa pakai, Satnarkoba Polres Rejang Lebong dan Dinas Kesehatan Rejang Lebong pada Kamis (28/9) siang, melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah apotek dan toko obat yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Satnarkoba Polres RL bekerjasama dengan Dinkes, memastikan bahwa Rejang Lebong bebas PCC dan obat-obatan kadaluarsa lainnya yang membahayakan bagi kesehatan masyarakat Rejang Lebong,” ujar Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK melalui Kasat Narkoba Iptu Sampson Sosa Hutapea SIK.

Disampaikannya bahwa giat yang dilaksanakan tersebut, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap 8 tempat yang meliputi 5 apotek seperti Apotek Fuji, Anda, Assalam, Bunda Difla, dan Apotek Agung. Sedangkan 3 toko obat lainnya juga diperiksa yakni meliputi Toko Obat Rahmat, Semarang, dan Toko Obat Semangat.

“Bahwa dari hasil sidak yang dilakukan pihaknya bersama Dinkes RL tidak menemukan obat yang mengandung PCC atau jenis narkoba lainnya. Namun di Apotek Bunda Difla Kelurahan Talang Rimbo, ditemukan beberapa jenis obat yang sudah habis masa pakai (expired),” tegas Sampson.

Sampson mengimbau kepada para pelaku usaha khususnya apotik dan toko obat di wilayah Rejang Lebong untuk tidak lagi memperjualbelikan obat-obatan yang sudah kadaluarsa. Kami harap dapat segera dimusnahkan, agar tidak kembali diperjual belikan, dan membahayakan bagi kesehatan konsumen,” imbaunya.

“Masyarakat juga harus lebih teliti dalam membeli obat, bila mana ditemukan obat yang telah habis masa pakai (expired), harap segera melapor ke pihak berwajib. Selain itu juga diperlukan peran serta masyarakat untuk ikut mengawasi peredaran obat PCC yang mengandung narkoba,” pungkas Sampson.

Laporan : Benny Septiadi
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre