Ratusan PHL SMA/SMK Bakal Diambil Alih Pemkot

0
385
Foto Ilustrasi

sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Ratusan tenaga guru honorer (PHL) SMA/SMK yang tersebar di sejumlah sekolah wilayah kota Prabumulih, kini sedikit bisa bernafas lega. Pasalnya, usulan untuk kembali menjadi PHL di lingkungan Pemerintah kota Prabumulih mendapat respon positif dari Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM.

Setelah beberapa bulan sebelumnya sempat terkantung-kantung nasib para guru honorer, pasca kewenangannya diambil alih oleh Pemerintah Provinsi berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pengganti UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang manajemen pengelolaan SMA dan SMK berada di tangan pemerintah provinsi, yang diberlakukan sejak Januari 2017 kemarin.

“Alhamdulillah, ada lampu hijau dari Walikota, H Ridho Yahya,” ungkap Ketua Forum PHL SMA /SMK kota Prabumulih, Agus Siswanto, ditemui usai melakukan audensi bersama Walikota Prabumulih, Rabu (06/12).

Menurut Agus, dari hasil pertemuan tersebut, Wako merespon baik dan akan kembali mengambil alih para guru honorer menjadi tenaga PHL di lingkungan Pemkot Prabumulih. “Tinggal sekarang, menyiapkan semua berkas guru yang statusnya PHL dan sudah diserahkan ke Pemkot paling lambat tanggal 16 Desember nanti,” imbuhnya.

“Tapi dengan catatan mereka (guru PHL) ini harus ada surat pernyataan siap di tempatkan di mana saja,” tambahnya, sembari mengucapkan terima kasih kepada Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM telah memerhatikan dan menerima kembali guru PHL di Pemkot Prabumulih.

Disinggung jumlah tenaga guru PHL SMA/SMK yang tersebar mengajar di kota Prabumulih, dijelaskan Agus, berdasarkan data Forum PHL SMA/SMK kota Prabumulih Non Provinsi, yang data jumlahnya belum diterima pihak Pemerintah Provinsi Sumsel, adalah sebanyak 147 Guru PHL.

Laporan : Donny

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article