Ratusan Massa Minta Pemkab PALI Copot Dua Pejabatnya

0
304

Sumateranews.co.id, PALI- Ratusan massa yang berasal dari Forum Pemerintahan Desa Persiapan (FPDP) Kabupaten PALI dan masyarakat, melakukan aksi damai di halaman Kantor Bupati Jl Merdeka Km 10 Kelurahan Handayani Mulia, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Rabu (08/11).

Ratusan massa tersebut menuntut agar 2 pejabat di pemerintah Kabupaten PALI dicopot, serta mengangkat kembali Suhardi menjadi Kades Persiapan Batu Tugu.

Setelah hampir dua jam pertemuan, dan sempat direhat, akhirnya pertemuan yang berlangsung alot tersebut menghasilkan kesepakatan, yakni membentuk tim gabungan yang terdiri dari Sekda PALI, Asisten I, Inspektorat, DPMD, Kabag Tapem, Kabag Hukum, Camat, Ketua Forum Pemerintahan Desa Persiapan (FPDP), Kepolisian, Kejaksaan, dan 2 tokoh masyarakat.

“Kami hanya melakukan aksi damai, sesuai dengan tuntutan yang kami sampaikan kemarin yaitu, segera aktifkan kembali saudara Suhardi sebagai Kepala Desa Persiapan Batu Tugu, kedua turunkan jabatan A Gani Ahmad selaku Kadin DPMD PALI dan ketiga turunkan jabatan Asisten II Setda PALI, Gogor Wira Bumi,” ujar Ketua FPDP, Dedi Handayani saat berorasi melalui pengeras suara bersama rombongan.

“Terakhir, segera memproses sesuai ketentuan hukum untuk Kepala Desa Perambatan, BPD (Badan Pemerintahan Desa) Perambatan dan LSM Pengawalan Merah Putih, yang telah memberikan laporan diduga palsu, terkait turunnya Kades Suhardi,” sambungnya.

Diungkapkan Setda PALI Robby Kurniawan SStp MSi, selaku pemerintah akan menerima tuntutan dari masyarakat atau FDPD, akan tetapi keputusan selanjutnya, pemerintah akan membuat tim gabungan, untuk mengumpulkan data, menghimpun serta memverifikasi proses pemberhentian Kepala Desa Persiapan Batu Tugu selama 10 hari kerjanya.

“Selama tim bekerja, masyarakat Batu Tugu dan FPDP agar menjaga iklim kondusif di desa tersebut, kita harus berkomitmen untuk bekerja, dan mengumpulkan data-data terkait pemberhentian Kades Persiapan Batu Tugu. Di sini saya bertanggung jawab, dan tim yang dibentuk ini bukan tim sepihak, karena seluruh elemen diajak, yang tentunya kita berharap diterima dan di sepakati,” tandas Robby.

Laporan            : Rica Mariska

Editor/Posting   : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article