Ratusan Kades Bakal Demo Pemkab Lahat

0
337

Sumateranews.co.id, LAHAT- Akibat terlambatnya pembayaran Dana Siltap (penghasilan tetap) tahun ini, maka ratusan Kades di Lahat bakal menggelar aksi demo ke Pemkab Lahat. Demo sendiri akan digelar jika sampai akhir September Dana Siltap tersebut belum juga dicairkan.

Para perwakilan kades, Rabu (6/9) sekitar pukul 11.00 WIB tampak menggelar rapat di

Offroom Pemda Lahat. ‘’Dari hasil rapat yang kami lakukan, intinya kami amat menyayangkan keterlambatan pencairan Siltap,’’ tegas Ketua Forum Kades Lahat, Edwar Alamsyah.

Dari hasil rapat para perwakilan Kades juga akhirnya melahirkan tiga poin tuntutan yakni Siltap triwulan 2 sepakat diambil, menyampaikan surat kepada pemerintah daerah untuk segera membayar Siltap triwulan 3, dan sisanya dibayar akhir September ini. ‘’Lalu poin yang ketiga adalah bilamana sampai akhir September tidak dibayar maka seluruh kades beserta perangkat desa serta Lembaga yang ada di desa akan mengadakan aksi demo di Halaman Pemkab Lahat,’’ tegas Edwar tanpa merinci besaran dana Siltap yang dimaksud.

Saat dikonfirmasi, Bupati Lahat melalui Wakil Bupati Marwan Mansyur selaku mengatakan bahwa perihal keterlambatan pembayaran Dana Siltap akan dikembalikan kepada mekanisme dan aturan mainnya. ‘’Jadi kalau dilihat sisi kebutuhan dari para kades memang sudah mendesak sebab bisa bergeraknya seluruh kegiatan harus ada dana dan diusahakan secepatnya cair,’’ tegas Marwan, diplomatis.

Laporan : Novita/Idham

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article