Ratusan Anak TK Islam Terpadu Abatatsa Lahat Sosialisasikan 1 Muharam

0
287

Sumateranews.co.id, LAHAT – Tanggal 1 Muharam atau Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 11 September merupakan bulan pertama dalam kalender Islam, dan sepatutnya disambut dengan sukacita.
Selain karena sebagai Tahun Baru bagi umat Islam, juga karena bulan ini dianggap bulan agama yang harus dirayakan.

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H kerap disosialisasikan oleh umat Islam. Beragam cara untuk menyosialisasikannya. Seperti menggelar pawai, mengadakan acara dzikir bersama, dan sebagainya.

Hebatnya di Kabupaten Lahat, sosialisasi Tahun Baru Islam juga dilakukan oleh siswa belia dari TK Islam Terpadu Abatatsa Lahat.

Hal itu terlihat Seninan (10/09) sebanyak 177 siswa mulai dari Kelompok Belajar (KB) hingga Taman Kanak-Kanak (TK) menggelar aksi sosialisasi di sekolah, Simpang Kejaksaan, dan Simpang 4 Pasar Lama Lahat.

Menurut Kepala TK IT Abatatsa Lahat, Rini Apriani, A. Md menyambut 1 Muharram 1440 H ini, dirinya mengajak semua Umat Islam terutama para siswanya untuk menjadikan Tahun Baru Islam sebagai Semangat Hijrah Menuju Lebih Baik Lagi.

“Dalam aksi pada hari ini kita bagi di 3 titik. Anak-anak KB dan TK A melakukan pawai di seputaran sekolah. Sementara yang TK B di Simpang Kejaksaan dan Simpang 4 Pasar Lematang Lahat,” ujarnya.

Dalam pantauan pewarta, anak-anak yang turut dalam aksi di jalan juga memberikan bunga, sticker, dan produk muslim kepada para pengendara.

“Untuk tujuan dari aksi sosialisasi ini, yang pertama pastinya kita ingin menyiarkan hari besar Umat Islam, kemudian sebagai sarana sosialisasi dan edukasi kepada siswa, kita juga ingin menanamkan semangat berbagi di hari besar Islam, terakhir kita ingin memberdayakan produk-produk muslim,” jelas Rini.

Aksi ini cukup menyita perhatian masyarakat. Sebab banyak yang kagum dengan kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang notabene masih di bawah umur.
Seperti yang diungkapkan oleh Cunet (33) salah seorang pedagang di area Pasar Lematang.

“Luar biasa pastinya. Apalagi dilakukan oleh anak-anak. Menjadi pelecut bagi yang tua-tua agar selalu mengingat hari-hari penting Islam. Terima kasih kepada jajaran sekolah Abatatsa yang sudah membuat kegiatan yang sangat positif ini. Semoga siswanya juga terus tertanam jiwa-jiwa Islami dalam diri mereka,” ungkap Cunet saat dimintai tanggapannya.

Aksi ini berlangsung lebih kurang 1 jam. Dimulai dari pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 09.30 WIB.

Laporan          : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali