HeadlineNusantaraPalembangSumsel

Bersama Keluarganya, Pemulung Ini Tinggal di Rumah Berukuran 5 x 2 Tanpa Penerangan Listrik

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Mendapati informasi, ada warga Palembang kondisinya memrihatinkan karena sakit dan tinggal di tempat tak layak huni, membuat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Drs Ratu Dewa MSi langsung gerak cepat mengunjunginya.

Suasana mengharukan, saat Ketua ISNU kota Palembang ini bertemu langsung dengan warga bernama Wak Zakaryah di kediamannya, Kawasan Karya Baru Kecamatan Alang Alang Lebar Palembang.

Ketika dikunjungi, Wak Zakariyah yang tinggal bersama keluarganya, hendak berbuka puasa seadanya di petak rumahnya berukuran 5×2 m. Mendapati itu, hati sang Sekda semakin terenyuh apalagi mengetahui kondisi rumah Wak Zakariyah yang gelap, karena tak memiliki penerangan listrik.

Dari mulai perjalanan masuk hendak menuju ke rumahnya, Sekda Ratu Dewa sudah banyak menemui keprihatinan mulai harus melewati kebun dengan kondisi jalan yang becek padahal wilayah tersebut masuk daerah kota Palembang.

“Assalamualaikum, maaf pak malam-malam,” ucap Ratu Dewa mengetok pintu rumah Wak Zakariyah. Sesaat membuka pintu rumahnya, Wak Zakariyah terkejut dan sempat panik begitu mengetahui sosok tamu yang datang ke rumahnya. Walau dalam kondisi sakit dan tak mampu berdiri ia tetap mempersilahkan Sekda Kota Palembang ini masuk dan sempat membersihkan lantai beralaskan tanah tersebut.

“Saya Ratu Dewa pak, silaturahmi,” sambung Dewa, sambil menurunkan bantuan yang ia bawa sendiri.

Tanpa canggung mantan kepala BKPSDM kota Palembang ini mengajak dialog Wak Zakaryah dan menanyakan pekerjaan dan kebutuhannya. Rasa iba pun terlihat dari wajah Dewa, sesekali ia menghela nafas panjang dan mata berkaca-kaca menahan sedih. Melihat kondisi rumah Wak Zakariyah yang jauh dari layak huni, tidur beralas tikar dan berselimut kelambu kain.

“Iya, saya dapat kabar dari DM cerita mengenai pak Zakaryah, karena kondisi memprihatinkan saya langsung saja ke rumahnya, semalam (Sabtu malam, red)” kata Dewa kepada awak media, Minggu (3/5).

Saat berdialog, Ketua PBSI kota Palembang ini mendengarkan bahwa Wak Zakariyah belum mendapatkan bantuan dan beridentitas sebagai warga kota Palembang. Aktivitas ini pun ia posting di akun instagram pribadinya.

“Segera kita carikan solusinya untuk kehidupannya kedepan, untuk kesehatannya kita minta Dinkes untuk mengecek kesehatannya,” tuturnya.

Sementara itu, Zakariyah mengucapkan terimakasih atas bantuan dan perhatian Ratu Dewa. Ia mengaku sehari-hari bekerja sebagai buruh barang bekas. Akibat pendemi covid-19 ia tidak dapat bekerja terlebih kesehatannya yang drop.

“Terimakasih pak, semoga bapak seger waras,” pungkasnya.

Laporan : Abi III Editor : Abiyasa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button