Rapat Paripurna Istimewa, Deru Apresiasi Kemajuan Kota Prabumulih

60

PRABUMULIHRapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) kota Prabumulih yang ke 19 Tahun 2020, di pimpin Ketua DPRD Sutarno didampingi Wakil Ketua I Ahmad Palo dan Ketua II Dipe Anom. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel H Herman Deru, Wali kota Prabumulih H Ridho Yahya dan Wakil Wali kota Prabumulih Andriansyah Fikri SH, Forkompinda, Kepala OPD dan Undangan lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mengapresiasi kemajuan yang ada di kota Prabumulih juga berharap dapat mendorong kemajuan Kota Prabumulih sejajar dengan kota lainnya di Sumsel. Hal tersebut diungkapkan orang nomor satu di Sumsel ini saat menghadiri Rapat Paripurna ke II masa Sidang ke I tahun 2020 di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih, Sabtu (17/10/2020).

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menegaskan bahwa perayaan hari ulang tahun harus tetap dilaksanakan meskipun kondisi pandemi  sebagai bahan evaluasi apa yang telah dilakukan dan apa yang wajib diperjuangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu dibutuhkan sinergitas legislatif, Ekskutif dan instansi vertikal. namun yang tak kalah penting adalah semangat masyarakat yang dapat menjadi episentrum getaran dalam memicu pesatnya pembangunan di Prabumuluh,” ujar Deru.

Deru juga mengapresiasi  pola penanganan covid-19 di Prabumulih. Meskipun fluktuatif, namun tetap bisa terkendali semua itu ada hikmahnya. seperti Bank Sumsel Babel yang menjadi salah satu Bank yang tidak ada penurunan di saat pandemi, katanya.

“Saya mengapresiasi Wali kota Prabumulih Ir Ridho Yahya MM beserta jajaran yang sangat cepat menangani Covid-19 di Kota Prabumulih, di usianya yang menuju dewasa, kepada pemerintah Kota prabumulih agar dapat meningkatkan upaya pelestarian kearifan lokal dan memperbaiki sektor pariwisata dan penunjangnya. Untuk mewujudkan semua itu kunci utamanya bersinergi. Salah satu komponen yang sangat berpengaruh yaitu spirit masyarakat dan ini yang harus di perhatikan serta saya minta juga sektor pariwisata dan penunjang di prabumulih ini harus kita perbaiki juga demi menjaga kearifan lokal sumatera selatan ini,” papar Herman Deru.

Dengan adanya bantuan sebesar Rp 62 Miliar ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin membantu meningkatkan infrastruktur di Prabumulih baik itu jalan, jembatan maupun irigasi. Menurut HD tidak perlu heran kenapa dirinya fokus membangun infrastruktur di Sumsel. Karena hampir sebagian besar kabupaten dan kota di Sumsel adalah daerah pemekaran baru.

Daerah-daerah ini belum memiliki APBD memadai untuk memenuhi kebutuhan Infrastrukturnya. “Oleh karena itu jangan heran jika Saya akan fokus ke infrastruktur di daerah-daerah pemekaran seperti salah satunya Kota Prabumulih,” ujar HD.

Sementara itu Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya MM, menjelaskan tentang pencapaian beberapa program kerjanya. Salah satunya yakni penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu seperti tukang becak dan petugas kebersihan sampah. “Terima kasih banyak pak gubernur atas bantuan Rp 62 Miliarnya InsyaAllah akan kita gunakan dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Dalam acara yang sama Wali kota Prabumulih Ir Ridho Yahya MM juga menyampaikan  program strategis pembangunan Kota Prabumulih tahun 2020-2023 diantaranya, Pelebaran jalan Sudirman 2 jalur,  Pelebaran jalan Tugu batas kota hingga Desa Pangkul-Tugu Air Mancu (6,2 KM), Pelebaran Jalan Basuki Rahmad dari Tugu Tani Jalan Lingkar Tanjung Raman- Exit tol Palembang-Bengkulu di Desa Karangan  Kecamatan RKT (5 Km). “Fly over patih galung dan Akamigas.sebetulnya Prabumulih sudah hampir rampung sekitar 90 persen,” kata Ridho.

Gelontoran dana segar dari pusat dan provinsi sangat di butuhkan untuk pembangunan Prabumulih kedepan. Ridho juga berharap di usia ke-19 tahun kota Prabumulih ini menjadi momentum kebangkitan Prabumulih meskipun di jaman pandemi.

“Pemerintah Kota Prabumulih selalu berusaha agar kehadiran nya selalu bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Meskipun di tahun 2021 APBD Prabumulih hanya lebih kurang Rp 800 Miliar, dengan belang modal Rp 80 Miliar,Untuk itu kami sangat berharap dukungan pemerintah provinsi,” tegasnya.

Sementara terpisah, Wakil Ketua I DPRD Prabumulih H Ahmad Palo menyambut baik bantuan lift yang dijanjikan Gubernur Sumsel bagi gedung DPRD Prabumulih.

“Namun alangkah baiknya di kondisi seperti ini bantuan diberikan kepada program yang lebih prioritas atau yang lebih membutuhkan”, anjur Ahmad Palo.

Untuk diketahui Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Herman Deru didampingi Ketua Tp PKK Provinsi Sumatera Selatan Hj. Febrita Lustia. Serta Wakil Walikota Prabumulih H. Ardiansyah Fikri, Ketua TP PKK Kota Prabumulih Hj. Suryati Ngesti Rahayu, Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Samsyudin Forkompinda Kota Prabumulih, dan para Kepala OPD Provinsi Sumsel maupun Kota Prabumulih.

Laporan : King III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here