EkonomiNasionalRiauSecond Headline

Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa, Pemkab Kampar: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

BANGKINANG − Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar ikut menyaksikan pembukaan secara Virtual Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tahun 2020.

Hal tersebut terlihat saat Bupati Kampar yang diwakili Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Desrial Anas SH MSi,  serta didampingi oleh Sekretaris Dinas Kominfo Herry Indra Mulya, Wira Herdian SKom Kasubag Pengelolaan Layanan Elektronik serta Amjas Kurniawan ST Kasubag  Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa, dibalai Bupati, rabu 18/11/20.

Rakornas Tahun 2O20 dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo di Istana Bogor melalui Virtual, adapun tema yang di usung dalam acara tersebut adalah Transformasi Digital Dan Profesionalisme Sumber Daya Manusia dan diikuti juga oleh seluruh Provinsi dan kabupaten/kota seindonesia.

Saat membuka Acara Presiden RI Jokowidodo mengatakan, keberadaan Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa (JF PPBJ) sebagai pengelola pengadaan barang/jasa pemerintah, diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan pengadaan menjadi lebih profesional.

Jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Pengadaan barang dan jasa tahun ini telah memanfaatkan teknologi informasi, yaitu dengan menggunakan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE), untuk itu upaya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dengan membentuk SDM Pengadaan Barang/Jasa yang kompeten dan profesional diharapkan bisa lebih memudahkan cara kerja LKPP kedepanya,” ungkap Presiden RI.

“Sudah saatnya kita melakukan perubahan-perubahan yang fundamental dalam sistem pengadaan barang dan jasa, bukan hanya sistem pengadaan barang dan jasa yang harus cepat, transparan dan akuntabel, tapi juga meningkatkan value for money dengan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada rakyat atau masyarakat,” kata Jokowi lagi.

Sementara itu Dasrial Anas mengatakan sesuai dengan peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 bahwa pengadaan barang dan jasa Pemerintah mempunyai peran penting dalam hal ini untuk menunjang pelaksanaan pembangunan Nasional serta meningkatkan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian daerah.

“Rakornas  Pengadaaan Barang Jasa merupakan event tahunan yang digelar LKPP sebagai upaya meningkatkan peran pengadaan barang/jasa pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, belanja pengadaan barang dan jasa harus berkontribusi, signifikan terhadap pengembangan industri dalam negeri dengan trasparansi, akuntebel serta rasional.

Untuk diketahui, Rakornas tahun 2020 berlangsung selama dua hari dari tanggal 18 – 19 November 2020 dan acara ini juga dihadiri oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PPN/Bappenas Soeharso Manoarfa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Laporan : Diskominfo/Arifin III Editor : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button