RAIL CLINIC, PT KAI DIVRE III PALEMBANG GELAR BEROBAT GRATIS

0
212

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM- Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2017 dan salah satu wujud tanggung jawab sosial PT KAI kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sepanjang lintas KA, PT KERETA API IMDONESIA (Persero) Devisi Regional III Palembang menggelar Bakti Sosial berupa periksa kesehatan gratis menggunakan Rail Clinic dan pemberian kacamata gratis bagi siswa SD di sekitar Stasiun Banjarsari Kabupaten Lahat, Kamis (14-12-2017).

Rail Clinic dihadiri Manager Humas PT KAI Divisi Regional III Palembang Aida Suryanti, Kapolsek Merapi timur, Danramil Merapi Timur, Kades Desa Arahan, tokoh agama/masyarakat Desa Arahan dan sekitarnya, seluruh Pegawai PT KAI Stasiun Banjasari dan undangan lainnya. ‘’PT KAI (persero) Divisi Regional III Palembang adalah Rail Clinic generasi kedua yang dimiliki PT KAI (persero) merupakan rangkaian terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan. Dimana masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan berbeda. Secara umum,  fasilitas pelayanan kesehatan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat tertama,’’ ujar Aida Suryanti.

Rail Clinic ini dibagi menjadi beberapa bagian,  yakni ruang monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi,dan ruang bersalin. Di kereta pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau CPR, alat monitoring pasien,  alat kejut jantung, tindakan bedah minor ,rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan. ‘’Sementara di kereta kedua terdapat fasilitas tindakan persalinan,  ruang pemeriksaan umum,  edukasi, dan ruang farmasi. Program ini sebagai langkah kepedulian kami kepada masyarakat di sepanjang jalur rel yang ada secara bergantian.  Ini juga sebagai salah satu bentuk lain program CSR di PT KAI,’’ tandas  Aida.

Laporan            : Deka Saputra

Editor/Posting  : Imam Ghazali