NusantaraRiauSecond Headline

PWO Riau Resmi Terbentuk dan siap Dikukuhkan, Ini Pesan Feri Rusdiono Ketum DPP PWOIN

Sumateranews.co.id, PEKANBARU – Guna pemantapan dan pembentukan Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Provinsi Riau, Pengurus Provinsi dan Kabupaten/Kota lakukan Rapat bersama di Home Coffe yang berlokasi di Jalan Mangga kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (08/04/2020).

Walau hujan membasahi Bumi Lancang Kuning, namun tak menyurutkan semangat peserta dalam menghadiri rapat pembentukan dan pemantapan, yang dihadiri belasan Pengurus Provinsi Riau, serta calon pengurus kota/kabupaten yakni dari Kabupaten Kampar.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua PWO Provinsi Riau Rizal Tanjung, dan dibuka oleh Ismail Sarlata Sekretaris PWO Provinsi Riau.

Dalam penyampaiannya, Rizal Tanjung berharap pengurus Provinsi dan Kota /Kabupaten se Provinsi Riau dapat dilantik dalam waktu dekat serta dapat mendukung penuh dan menjalankan program DPP PWOIN yakni Pra UKW.

“Dengan semangat yang dimiliki para Jurnalis Riau yang tergabung dalam kepengurusan Provinsi dan Kota/Kabupaten, dalam waktu dekat harus sudah dilantik dan dikukuhkan tentunya dengan persiapan yang matang. Serta dapat mendukung, dan menjalankan Program Pra UKW yang merupakan program utama DPP Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN).” ungkap Rizal Tanjung ditengah rapat pengurus PWO se Provinsi Riau.

“Untuk pengurus dan anggota PWO (Persatuan Wartawan Online) Provinsi Riau yang masuk dalam susunan kepengurusan Provinsi Riau, mari sama-sama majukan PWOIN di Riau dan bagi yang belum masuk dalam kepengurusan maka PWO Provinsi tetap memberikan peluang bagi rekan-rekan Journalis di Provinsi Riau untuk bergabung. Karena PWOIN merupakan organisasinya Pers yang  memiliki visi dan misi, menjadikan Insan Pers Riau bermartabat yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan peraturan Perundang-undangan yang berlaku di NKRI ini.

“Bersama kita pasti bisa, bersatu kita kuat”, tambah Rizal Tanjung.

Usai memberikan kata sambutan, Ismail Sarlata Sekretaris PWO Prov.Riau membacakan beberapa Agenda Rapat diantaranya, Pemantapan Susunan Kepengurusan PWO Riau, Persetujuan pemenuhan Atribute bagi Anggota berupa Baju dan Kartu Tanda Keanggotaan (KTA) yang dikeluarkan oleh DPP, Pembetukan Pengurus PWO tingkat Kota Madya dan Kabupaten se Provinsi Riau, Persiapan Pengukuhan dan Pelantikan yang akan dilaksanakan 4-6 bulan kedepan (Jika Kondisi Negara sudah aman dari Corvid 19), Dukungan Penuh dan menjalankan Program Utama Pra UKW dari DPP PWOIN

Dari agenda rapat yang dibacakan telah disepakati dan disetujui bersama seluruh Pengurus Provinsi, dan Kabupaten yang dihadiri dari Kabupaten Kampar.

“Para pengurus Provinsi Riau yang sudah terbentuk, dan para calon pengurus Kota Madya/Kabupaten yang sudah terbentuk maupun akan dibentuk. Dalam waktu dekat sudah harus mempersiapkan diri untuk persiapan pelantikan dan pengukuhan yang Insyaallah akan dilaksakan 4-6 bulan kedepan jika situasi negara sudah aman dari situasi Corvid 19.” Jelas Ismail Sarlata.

Ismail Sarlata menambahkan, Keberadaan PWO di Riau benar-benar dapat mewujudkan apa yang telah diinginkan Feri Rusdianto Ketum DPP PWOINusantara yang menginginkan Journalis yang tergabung di PWOIN adalah Journalis yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila yang wajib hukumnya memiliki Empat Asas yang tidak dapat di Tawar-tawar lagi, diantaranya : Asas Moralita, Asas tidak beritikad buruk yang tidak boleh membuat berita cabul dan sadis, Asas menghormati kehidupan pribadi, kecuali untuk kepentingan umum, Asas Profesionalitas yakni asas membuat berita berimbang, akurat dan mampu menguji kebenaran informasi yang diperolehnya sehingga menghasilkan berita faktual dan jelas sumbernya, no Hoax.

Dalam rapat yang dilaksanakan, Ismail Sarlata meminta para pengurus untuk dapat memberikan masukan untuk menunjang cita-cita Insan Pers Riau bermartabat melalui Perkumpulan Wartawan Online di Provinsi Riau.

“Perkumpulan Wartawan Online Riau memiliki Program Seminar akan Undang-Undang ITE yang kerap menjadi senjata oknum yang memiliki kepentingan untuk menghancurkan kebebasan Pers hingga berujung kepada Kriminalisasi terhadap Pers yang kerap terjadi dimana-mana, tentunya dengan mengundang para pakar Hukum Pidana pakar-pakar lainnya sebagai Savety bagi rekan-rekan Journali dari Seminar yang akan dilaksanakan, serta membuat program penyuluhan kepada pemerintah, masyarakat maupun elemen lainnya akan peran dan fungsi Pers yang sesungguhnya.” pinta Jaka Marhaen,SH Ketua Advokasi PWO Riau yang juga merupakan salah satu Advokad muda di Riau.

“Tidak hanya itu saja, adanya Program utama DPP PWOIN melaksanakan Pra UKW tidak hanya Pra UKW saja melainkan dapat di tindak lanjuti mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sesungguhnya yang dilaksanakan oleh Dewan Pers (DP) maupun Lembaga Resmi yang ditunjuk oleh Dewan Pers (DP). Pelaksanaan Pra UKW sebagai dasar modal awal, bagi rekan-rekan Pers di Riau untuk mengikuti UKW sesungguhnya, tentunya melalui PWOIN wadahnya Insan Pers di Riau yang kita cintai.” pinta Anhar Rosal Ketua OKK PWO Riau

Dipengujung, Juli Indrawan Lubis Wakil Ketua I juga meminta disela-sela acara, agar dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial ditengah-tengah Corvid 19 yang saat ini melanda Indonesia.

Segala masukan yang diberikan dari para Pengurus PWO Riau maupun kota/kabupaten yang hadir, disetujui dan sepakati bersama dan dituangkan didalam Hasil Rapat (Notulen Rapat) yang dapat disampaikan kepada Pengurus DPP akan hasil rapat yang dilaksanakan agar apa yang telah disepakati dapat diketahui dan didukung penuh oleh DPP PWOINusantara.

Rapat ditutup oleh Ismail Sarlata Sekretaris PWO Riau, dengan pesan terakhir dalam rapat meminta dukungan bersama untuk sama-sama memajukan PWOIN di Provinsi Riau, dengan menjadikan PWOIN di Riau menjadi Organisasi Garda Terdepan dan dapat menjadi Barometer dan bahkan Organisasi Pers no 1 seNusantara sebagaimana yang diinginkan oleh Feri Rusdiono Ketum DPP PWOIN melalui pesannya yang disampaikan kepada Rizal Tanjung Ketua dan Sekretaris PWO Riau via WhatsApp Pribadinya (Feri Rusdiono).

Sumber : Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Prov.Riau/Arifin

Editor   : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button