PWI Lahat Imbau Wartawan untuk Buat Berita Berimbang

0
270

Sumateranews.co.id, LAHAT – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lahat Syafudin SH mengimbau kepada seluruh rekan wartawan yang ada di Bumi Seganti Setungguan agar dapat membuat berita yang berimbang sesuai dengan kode etik atau Undang Undang (UU) pokok wartawan tahun 1999.

‘’Apalagi, situasi Kabupaten Lahat yang sempat memanas pascaproses hitung cepat setelah pencoblosan lalu menjadi perhatian serius baik dari semua kalangan. Oleh sebab itu, saya mengharapkan agar semua rekan rekan jurnalis yang ada di Bumi Seganti Setungguan dapat membuat berita yang berimbang. Baik dari segi narasumber maupun konfirmasi ke pihak yang berkompenten sebagaimana acuan kode etik atau UU Pokok Pers tahun 1999,” tegas Syafudin SH, Selasa (3/7/2018).

Selain itu, diimbau agar seluruh kawan kawan media yang ada di Lahat agar dapat berkoordinasi dengan Polres Lahat dalam menurunkan pemberitaan, khususnya tentang Pilkada. Tindak lanjut dari temuan money politic dan sebagainya agar para awak media tidak dikatakan memberitakan yang hoax.

Selain itu, wartawan juga diminta tidak merangkap jabatan. Baik di parpol apalagi menjadi Tim Sukses salah satu pasangan calon (paslon). Karena akan bertentangan dengan Peraturan Dasar/Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI.

“Tim sukses berjuang untuk satu golongan, sedangkan prinsip Pers atau Media melayani semua golongan untuk mencapai tujuan utamanya. Demi mewujudkan kebenaran, dan kepentingan Publik serta kelangsungan demokrasi,” pungkas Syafudin seraya menambahkan, wartawan harus independen dan harus berpihak pada kepentingan rakyat.

 

Laporan          : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali