Puluhan Rumah di Talang Tumbur Terendam, Pemkab PALI Belum Beri Bantuan

0
194

Sumateranews.co.id, PALI-  Akibat curah hujan yang cukup tinggi terjadi pada Minggu  malam membuat puluhan rumah warga yang ada di bantaran Sungai Tupak (Anak Sungai Abab), di Talang Tumbur RT 12 RW 07 Kelurahan Talang Ubi Barat Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan terendam, hingga mencapai 2 meter.

Menurut warga, musibah tersebut terjadi karena tingginya curah hujan. “Banjir ini diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi tadi malam, ditambah Sungai Tupak yang dangkal. Makanya setiap diguyur hujan cukup lama, sungai tersebut meluap dan membuat puluhan rumah di bantaran sungai terendam,’’ ujar Supeno (47), Senin (8/1/2018).

Dijelaskannya, ketinggian ini bervariasi, ada yang mencapai 1 meter hingga 2 meter. ‘’Kami warga bantaran sungai ini selalu was-was, takut ada hujan susulan. Apalagi aliran air cukup deras. Bisa – Bisa merusak rumah,’’ cetusnya.

‘’Ya beginilah Pak, kondisi rumah kita di bantaran sungai. Kalau sungainya meluap, kondisi rumah selalu seperti ini. Airnya hampir menyentuh pintu rumah, padahal rumah ini cukup tinggi. Mungkin dengan kondisi sungai yang dangkal dan adanya penyumbatan sampah maupun hal lain di hilir sungai, sehingga setiap hujan cukup lama kondisi rumah warga di RT 12 selalu seperti ini,’’ tambah Adi (27) warga lainnya.

Sejauh ini, belum ada korban jiwa. Hanya saja, warga khawatir bisa terserang penyakit malaria, demam berdarah,  dan gatal-gatal. Selain itu, banjir ini menyebabkan aktivitas warga pun jadi terhambat.

Adi berharap, dengan kondisi sungai seperti ini, Pemerintah Kabupaten PALI, khususnya Dinas terkait bisa mengirim bantuan dan menyiapkan tim khusus untuk berjaga – jaga supaya tidak ada hal – hal yang tidak diinginkan.

Hingga berita ini diturunkan belum ada bantuan pemerintah yang datang baik dari Dinas Sosial maupun BPBD PALI.

Laporan           : Anelka

Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article