Puluhan Penyandang Disabilitas Terima Bantuan

28

Sumateranews.co.id, BENGKULU – Banyaknya penyandang disabilitas yang ada di Provinsi Bengkulu belakangan menyita perhatian Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah serta jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan dengan penyerahan bantuan berbagai alat bantu bagi para penyandang disabilitas, dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) kepada panti Sosial, dan penyerahan Kartu Asuransi Ketenagakerjaan hasil dana CSR Bank Bengkulu, di Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis (31/10).

“Nilai bantuan ini sangatlah tidak seberapa bagi kita yang sehat ini. Namun, bagi mereka (penyandang disabilitas) bantuan ini sangatlah besar nilainya dan sangat diharapkan. Pemerintah sudah menyiapkan alat bantu gratis bagi penyandang disabilitas. Kedepan, Warga penyandang yang belum mendapatkan alat bantu bisa langsung melaporkan diri ke Dinas Sosial untuk selanjutnya mendapatkan bantuan serupa, ” ujar Rohidin.

Dijelaskan Rohidin, alat bantu yang diserahkan kepada para penyandang disabilitas kali ini diantaranya yaitu alat bantu dengar, tongkat dan kursi roda. “Mereka ini memang butuh sekali peralatan seperti ini, jadi Dinsos sudah siapkan semuanya, tinggal melapor dan nanti di data pasti semuanya dapat. Asal jangan disalahgunakan” terang Rohidin

Dilanjutkan Rohidin, dengan disalurkannya bantuan ini bisa menjadi tonggak penyemangat bagi penyandang disabilitas untuk bermasyarakat dan berkarya ikut memajukan pembangunan di Provinsi Bengkulu ini. “Nah untuk jenis bantuan lain yang juga disalurkan hari ini seperti, bantuan asuransi ketenagakerjaan bagi pekerja sosial serta bantuan sembako diharapkan bisa menjadikan Masyarakat di Provinsi Bengkulu lebih mandiri, dapat melindungi para Warga pekerja sehingga mereka nyaman saat bekerja. Kedepan pun, kita upayakan para tenaga harian lepas (THL) untuk mendapatkan juga dengan bantuan dana CSR,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala kantor wilayah Bulog Provinsi Bengkulu, Defrizal mengatakan jika penyerahan bantuan tersebut dilakukan sekaligus sebagai sarana mengajarkan masyarakat untuk belajar berwirausaha dari bantuan yang diberikan. “Tentu disini, kami ingin masyarakat belajar berwirausaha agar kedepan bantuan yang diberikan dapat menghasilkan sehingga masyarakat dapat mandiri dan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” jelasnya.

Untuk diketahui, bantuan sosial yang disalurkan untuk masyarakat penyandang disabilitas berupa Kursi roda sebanyak 81 unit, Alat bantu dengar sebanyak 106 unit, Tongkat piramid sebanyak 10 unit, Tongkat ketiak sebanyak 17 unit dan tongkat buta sebanyak 12 unit.

Kemudian, Bantuan Corporate Sosial Responsibility (SCR) Kanwil Bulog berupa freezeer sebanyak 10 unit dan sembako senilai 51 Juta rupiah untuk 10 panti sosial di Provinsi Bengkulu. Bantuan CSR Bank Bengkulu berupa Iuran Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja sosial dan relawan pendamping sosial sebanyak 200 orang. Dan terakhir, penyerahan bantuan program rehabilitasi sosial anak kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, Panti Asuhan Kasih Ibu senilai 120 Juta rupiah, LKSA Pesona senilai 85 juta rupiah, Taman anak sejahtera generasi rabbani senilai 69 juta rupiah dan Taman anak sejahtera delia senilai 60 juta rupiah.

Laporan : Ifan/Rilis Media Center Pemrov Bengkulu

Editor.   : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here