Puluhan Calon Kepala Desa Tandatangani Deklarasi Damai Pilkades Serentak Kabupaten Mesuji 2019

72

Sumateranews.co.id, MESUJI – Penandatangan deklarasi damai untuk Pemilihan kepala desa serentak di kabupaten Mesuji, yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2019 mendatang, dilaksanakan di Balai Desa Simpang Mesuji kecamatan Simpang Pematang, Senin (02/12/2019).

Penandatanganan langsung ditandatangani para calon kepala desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa pada tanggal 12 desember 2019.

Turut hadir dalam acara tersebut Plt.Bupati Mesuji H.Saply TH, Kapolres Mesuji AKBP Alim, Ketua DPRD Mesuji Elfianah, Pabung (Perwira penghubung) Kolonel Wahyudi, Sekda Mesuji Indra Kusuma Wijaya, Asisten Satu dan Dua,,Staf Ahli pemerintahan kabupaten Mesuji, Kapolsek se Polres Mesuji, Kepala OPD kabupaten Mesuji, Camat se-kabupaten Mesuji, kepala desa se-kabupaten Mesuji, Babinsa,  Babinkamtibmas dan para calon kepala desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa pada 12 Desember 2019 mendatang.

Dibacakan oleh Kadis PMD Mesuji Sunardi bahwa dasar hukum dalam melaksanakan Pilkades adalah :

1. Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

2. Peraturan pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2011 tentang perubahan kedua atas peraturan pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

3. Peraturan menteri dalam negeri Nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa sebagaimana telah diubah dengan peraturan menteri dalam negeri Nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan menteri dalam negeri Nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa.

4. Peraturan daerah kabupaten Mesuji nomor 03 tahun 2015 tentang tata cara pencalonan pemilihan pelantikan dan pemberhentian kepala desa sebagaimana telah diubah dengan peraturan daerah kabupaten Mesuji Nomor 06 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan daerah.

5. Peraturan Bupati Mesuji nomor 36 tahun 2011 tentang petunjuk pelaksanaan pencalonan pemilihan pelantikan dan pemberhentian kepala desa.

6. Peraturan Bupati Nomor 60 tahun 2019 tentang pedoman pemberian bantuan keuangan dan besaran bantuan keuangan penyelenggara pemilihan kepala desa

7. Dokumen pelaksanaan anggaran perubahan satuan kerja perangkat daerah Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten Mesuji tahun anggaran 2019.

Lanjut Sunardi, “Dari tujuh kecamatan yang ada di kabupaten Mesuji yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa yaitu :
Kecamatan Rawa jitu Utara;
1.Desa panggung Jaya
2.Desa sidang iso Mukti
3. Desa sidang sidorahayu

Kecamatan Mesuji Timur yaitu;
1.Desa Tanjung mas Mulya
2.Desa talang batu.

Kecamatan Mesuji yaitu;
1. Desa Sungai Badak
2. Desa Nipah Kuning
3. Desa Wiralaga 1
4. Desa Tirta laga 5.                                          5. Desa Tanjung Serayan                                6. Desa Mulya asri

Kecamatan Tanjung Raya yaitu;
1.Desa Mekarsari
2.Desa Bujung Buring
3. Desa Trikarya Mulya

Kecamatan Simpang Pematang yaitu ;
1. Simpang Pematang
2. Harapan Jaya.

Dan Kecamatan way Serdang yaitu;
1. Desa Gedung Boga
2. Desa Rejomulyo
3. Desa Bukoposo
4. Desa Labuhan Makmur.

“Adapun kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kesepakatan damai pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak di tahun 2011 2019 untuk mensukseskan pemilihan kepala desa secara serentak pada tahun 2019 ini agar berjalan damai aman tertib dan lancar seluruh calon kepala desa bersedia dan mewajibkan melaksanakan dan menaati tata tertib pelaksanaan pemilihan kepala desa ini dengan penuh rasa tanggung jawab agar seluruh calon kepala desa mematuhi semua ketentuan yang ada pada setiap tahapan khususnya dalam pelaksanaan kampanye.” tutup Sunardi.

Sementara dalam sabutan Plt Bupati Mesuji H.Saply TH.berpesan agar pemilihan kepala desa yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2019 nanti bisa tertib berjalan dengan lancar dan tidak ada kecurangan dalam melaksanakan pemilihan kepala desa..

“Harapan Saya Pemilihan Kepala desa Bisa Sukses dan tidak ada halangan apa pun dan berjalan damai tanpa ada kerusuhan yang tidak kita inginkan.”Tutur H.Saply.

Laporan : Aan S

Editor.    : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here