HiburanMuara EnimSecond Headline

PTBA tbk, SIBA Center Kemandirian Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat

SIBA Center, Tumbuhkan Kemandirian Perekonomian dan kesejahteraan lingkungan  perusahaan

MUARA ENIM − PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengalokasikan dana  Rp 750 juta untuk membangun Sentra Industri Bukit Asam (SIBA Center) di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan.

Program SIBA sudah terbentuk sejak tahun 2013 hingga sekarang dan berada dibawah naungan Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA tbk, Program ini  memiliki tujuan utama seperti pemberdayaan dimasyarakat, menumbuhkan kemandirian perekonomian, dan kesejahteraan pada lingkungan sekitar perusahaan.

Dikonfirmasi Manager Humas PTBA Tbk Iko kepada awak media sumateranews.co.id menjelaskan, PTBA tbk sangat menyadari bahwa wabah Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia memiliki dampak luar biasa diperekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, Program-program dilakukan perusahaan meyakini bahwa tantangan yang dihadapi akan bisa dilalui dengan berjuang bersama-sama, terangnya, Jum’at (16/10/2020).

Selain itu menurutnya, SIBA Center juga salah satu bentuk upaya dan inovasi PTBA tbk untuk menggerakkan perekonomian menurun di masyarakat. Program ini dilakukan dengan membangun rumah-rumah kayu di lahan seluas ± 1 hektar  tepatnya di Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim. Lahan tersebut juga merupakan milik PTBA tbk yang sebelumnya dimanfaatkan tempat Stockpile batu bara, dan sudah tidak dimanfaatkan lagi sejak tahun 1990 hingga sekarang. jarnya.

“Program SIBA Center bertujuan memberdayakan masyarakat sekitar secara Optimal, Mulai dari tahapan pelaksanaan pembangunan dilakukan secara Swakelola dengan memberdayakan pemuda-pemuda sekitar yang putus sekolah, lulusan program Bidiksiba pemuda-pemuda panti asuhan akan mendapatkan edukasi dalam bidang interior dan eksterior”, ungkapnya.

Alhasil tambahnya, program sudah berjalan dan terbangun 10 unit rumah kayu pertama sebagai tempat produksi dan penjualan industri binaan CSR PTBA tbk. Pembangunan berlangsung cepat sebab bentuk rumah kayu terpilih dibangun berdasarkan pertimbangan yang efektivitas dan kecepatan pembangunan. Selain itu 10 unit rumah kayu yang sudah terbangun akan dimanfaatkan juga sebagai pusat kegiatan SIBA Rosella, Kopi Bukit Asam, Fashion (rajut, batik dan songket), Konveksi, Pengelola, Pembibitan, Bonsai, Pertukangan, dan Perikanan.

“Adapun bangunan-bangunan rumah kayu yang dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan dan penjualan produk-produk binaan CSR PTBA, area itu juga akan dijadikan sebagai kebun percontohan budidaya. Percontohan budidaya dikembangkan antara lain; Budidaya Rosella, Percontohan Budidaya ikan dengan System Bioflog, Percontohan Budidaya Pangan Organik, Smart Farming, dan lainnya”, imbuhnya.

Masih menurut Manager Humas PTBA, direncanakan lagi dibangun beberapa rumah kayu dalam bentuk bangunan khas lokal, Pembangunan dalam tahap II ini akan direncanakan sebagai pusat pengembangan produk unggulan oleh kelompok usaha baru yang bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMK).

“Kedepannya keberadaan Program SIBA Center diharapkan dapat menambah destinasi wisata untuk mendukung Program Tanjung Enim menjadi Kota Tujuan Wisata”, pungkasnya.

Laporan : Deka III Editor : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button