Muba

PT Medco E & P Gelar Panca Lomba Tanaman Obat Keluarga di Muba

Sumateranews.co.id, MUSI BANYUASIN- Sebagai salah satu bentuk peningkatan pengetahuan warga akan tanaman obat, maka PT Medco E & P menggelar Panca Lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) Jumat (23/2) di Desa Lumpatan, Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin.
Drajat Iman Panjawi selaku Senior Manager of Relations PT Medco E & P didampingi Manager West Area CARE Bondan Brillianto,
menjelaskan, Tanaman Obat Keluarga merupakan salah satu program unggulan kegiatan pemberdayaan masyarakat PT Medco E & P untuk wilayah Lumpatan. ‘’Program ini dilaksanakan sejak tahun 2015. Berawal dari hanya satu kelompok Toga, saat ini telah berkembang menjadi tujuh kelompok yang berada di Desa Lumpatan I dan II. Sebagai bentuk penguatan kelembagaan kelompok dan evaluasi terhadap aktivitas yang dilaksanakan selama ini. Perusahaan melaksanakan Panca Lomba Toga yang melibatkan seluruh kelompok,’’ ujarnya.

Kegiatan seperti ini, bertujuan untuk mengukur pemahaman anggota kelompok terhadap materi yang diajarkan selama pendampingan dan sarana komunikasi antarkelompok. Terdapat 5 kategori lomba yaitu: Pertama, CoMa – Cocok Nama. Pada kategori ini, perwakilan kelompok yang terdiri dari tiga orang diminta untuk mencocokkan nama tanaman obat dengan tanaman aslinya. Kedua, CoGun – Cocok Guna, peserta mencocokkan tanaman obat dengan khasiatnya. Ketiga, Mbok Jamu, peserta diminta untuk memberikan bahan-bahan tanaman obat yang digunakan untuk membantu pengobatan suatu penyakit. Keempat dan kelima dimaksudkan sebagai apresiasi terhadap kebun tanaman obat yang dimiliki oleh masing-masing kelompok dengan memberikan penilaian terhadap kebun TOGA terbaik dan kebun dengan jenis tanaman obat terbanyak.

“Lomba yang dilaksanakan di Desa Lumpatan II ini menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh kelompok di Lumpatan. Dan kegiatan ini menjadi kesempatan masing-masing kelompok untuk bertukar informasi, saling mengisi dan membuka wawasan,” tegasnya.

Bagi Perusahaan, kegiatan ini menjadi bentuk evaluasi terhadap kegiatan pemberdayaan yang telah dilakukan sehingga dapat memetakan upaya-upaya perbaikan yang diperlukan.

Sementara itu, salah satu anggota kelompok Toga Desa Lumpatan, Dewi mengatakan, manfaat program Toga seperti itu sangat dirasakan langsung oleh masyarakat Lumpatan karena membuat waktu masyarakat terutama ibu-ibu menjadi lebih produktif.

“Kami sekeluarga sudah tidak lagi mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi sakit ringan. Obat yang kami butuhkan dapat diambil langsung di pekarangan tanpa perlu ke rumah sakit atau toko obat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Lumpatan II Askandi mengatakan, atas nama masyarakat sekitar Lumpatan berterima kasih kepada Medco E & P yang telah memberikan pendampingan dan menunjukkan kepedulian pada masyarakat melalui program Toga. Ini sudah membuktikan bahwa komitmen PT Medco E & P terhadap pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi, sehingga program yang dilaksanakan berguna dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Laporan : Donna April
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button