Proyek Pekerjaan Galian Penanaman Pipa PDAM Disoal Warga

0
567

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Proyek pipanisasi lanjutan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabu kembali menuai protes warga. Pasalnya, selain tak memerhatikan safety (keamanan, red) kelengkapan APD pekerjanya, proyek pekerjaan galian dan penanaman pipa PDAM di sejumlah titik lokasi dalam wilayah Prabumulih juga diduga asal-asalan dan merusak lingkungan.

“Yang kami persoalkan itu pekerjaan galian dan penanaman pipanya, sudah merusak itu paritnya mereka tutup dengan timbunan tanah bekas galian,” ujar Masrul (67), salah satu warga Perumahan Kepodang Indah RT 01 RW 03 Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat, kepada media portal ini, Senin (17/7).

Menurut dia, dirinya bersama warga sudah menyampaikan keberatan tersebut kepada para pekerjanya. Bahkan, salah seorang anggota DPRD Prabumulih, Heri Gustiawan yang tinggal menetap di perumahan itu juga sudah menegur dan memanggil pihak pelaksana galian.

“Kami keberatan, karena parit yang terkena galian mereka tutup dengan timbunan panah. Dikhawatirkan dapat menyebabkan banjir, apalagi beberapa hari ini turun hujan terus‎,” keluh mantan Danramil Prabumulih ini.

Keluhan sama juga disampaikan oleh Azhar (55). Pun demikian dirinya bersyukur karena lingkungan tempat tinggalnya mulai dipasang pipa PDAM. “Kami berharap kondisi parit bekas galian PAM ini bisa kembali seperti semula, jangan ditimbun seperti itu,” pinta pemilik warung manisan, yang saat dibincangi didampingi istrinya, Mujiati (45).

Ditemui terpisah, salah seorang pekerja gali pipa PDAM ketika berhasil ditemui mengaku akan memperbaiki bekas galian dan membuang tanah timbunan yang menutup parit tersebut.

“Tidak ditimbun pak, cuma sementara saja nanti digali lagi dan dibuang. Baru sekitar 3 harian bekerjanya pak,” sebut pekerja yang tak mau menyebutkan namanya ini seraya mengatakan pengawas pelaksana pekerjaan sedang pergi dipanggil Ketua RT setempat.

Masih dia katakan, pihaknya akan mengerjakan proyek penanaman dan pemasangan pipa PDAM itu ‎di tiga titik wilayah dalam Prabumulih. Ketiga lokasi itu antara lain, wilayah perumahan Kepodang Indah Patih Galung sepanjang sekitar 9 kilometer, wilayah Bakaran dan wilayah PDAM Sungai Medang.

“Total volume pekerjaannya sekitar 30 an kilometer pak, disini (Perumahan Kepodang) 9 KM sisanya di wilayah Bakaran dan PDAM Sungai Medang pak,” tukasnya.

Laporan : Fadli
Editor : Donny
Posting. : Andre