Proyek Jalan Lumbok Heniarong Berlanjut di Komisi II DPRD Lampung Barat

0
213

Sumateranews.co.id, LAMPUNG BARAT – Menyikapi permasalahan terkait keberadaan proyek peningkatan Jalan Lumbok Heniarong yang dinilai banyak keganjilan maka sebagai upaya mengungkap kondisi fisik diduga pengurangan volume dalam teknis pengerjaan berlanjut dengan adanya laporan kepada Komisi II (dua) DPRD Lampung Barat.
Guruh Sekretaris Eksekutif LSM Lembaga Komunitas Peduli Rakyat (LKPR) Lampung Barat mengatakan kegiatan yang berwujud apapun jika pelaksanaannya bersumber dari uang negara maka pengelolaannya harus transparan. “Nah jika berbicara anggaran sebagai tanggung jawab moral maka semua pihak masyarakat dan elemen masyarakat terlibat dalam pengawasan,” katanya, saat memasukkan berkas laporan di Komisi II DPRD Lampung Barat, Senin (15/1).

Menurutnya lembaga legislatif DPRD Lampung Barat didorong untuk menjalankan fungsinya tentang pengawasan. Tidak ada lembaga lain yang lebih kredible dalam melaksanakan fungsinya sebagaimana amanat undang undang, untuk menjalankan amanah rakyat yang muaranya demi untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat. “Kita ikut mekanisme aja, kita tunggu apa hasil hearing mereka di komisi II agar ditindaklanjuti,’’ ungkapnya.

Sementara itu Herly Kepala Desa (Peratin) Heniarong Kecamatan Lumbok Seminung kabupaten Lampung Barat menanggapi keberadaan kegiatan peningkatan jalan Lumbok Heniarong prihatin dengan kondisi fisik jalan yang masih belum utuh tersambung sampai di Desa Heniarong. Lebih prihatin lagi ditambah oleh kualitas pengerjaannya demikian rendah sehingga tidak bisa lebih bertahan lama. “Itu pelaksanaan pembangunan jalan anggaran pada beberapa tahun sebelumnya saat ini yang tersisa hanya badan jalan saja, batu sudah tidak tersisa,” ungkapnya.

Herly mengaku sangat menghargai upaya. pemerintah membangun sarana infrastrktur peningkatan Jalan Lumbok Heniarong sehingga pekon Heniarong bebas dengan bertahap dari terisolir yang hingga kini mayoritas warga masih menggunakan transportasi angkutan air/danau.

Dengan pembangunan peningkatan jalan sambung Herly warga berharap akan berkelanjutan pada anggaran pada tahun-tahun mendatang. Warga juga berharap mendapat perhatian Bupati dan dukungan Lembaga DPRD Lampung Barat.

Terpisah H. Parosil Mabsus Bupati Lampung Barat terkait pengerjaan peningkatan Jalan Lumbok Heniarong dalam statemennya mengatakan akan berjanji turun lapangan croschek kondisi fisik pekerjaan guna menyikapi persoalan tersebut. “Akan kita kaji permasalahannya. Namun jika menyangkut perkara hukum, serahkan dan ikuti aturan hukum yang berlaku,” Kata Bupati yang baru dilantik belum genap dua bulan ini.
Diketahui proyek peningkatan Jalan Lumbok Heniarong mendapat sorotan dari masyarakat media dan LSM LKPR Lampung Barat terkait proyek peningkatan jalan dengan dana hampir 5 (lima) milyar rupiah dalam teknik item pengerjaan dan penggunaan material diduga tidak memenuhi standar sfesifikasi sebagaimana yang telah dirilis di media yang dilaksanakan oleh PT Tirtawandhira.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PU PERA) Lampung Barat Ir. Ansori yang kapasitasnya sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) dalam hal ini telah melakukan fungsinya namun dengan terungkapnya permaslalahan konstruksi jalan yang dinilai kurang layak sehingga kredibilitasnya dipertanyakan.

Laporan : Asmidan
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article