Prosesi Pernikahan Purna Praja Dharma Astha Bratha Berlangsung Lancar dan Meriah

0
611

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Prosesi pernikahan Purna Praja Dharma Astha Bratha Institut Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan ke-17 antara kedua mempelai yang berbahagia yakni Hendra Anggara S.STP (Kabag Protokol dan Komunikasi Setda OKI) yang merupakan putra dari Bahri dan Nurhasanah dengan dr. Dewi Zartika yang merupakan putri dari H. Qomarus Zaman S.Pd M.Si dengan Hj. Rolati S.Pd yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Kayuagung (24/9) berlangsung meriah dan khidmat.

Acara Prosesi Pernikahan tersebut dihadiri oleh Bupati OKI, H. Iskandar SE dan Ketua Tim Penggerak PKK OKI, Anggota DPRD OKI, Sekda OKI, H. Husin SPd MM, Para Kepala Dinas/Badan dan kepala bagian dan ASN di jajaran Pemkab. OKI, para STPDN angakatan 17 dan STPDN lainnya, para camat dalam wilayah Kab. OKI, para Lurah dan Kades di wilayah OKI, keluarga besar kedua mempelai, para tokoh agama, tokoh pemuda, LSM, dan para Wartawan serta para undangan.
Prosesi Pernikahan Purna Praja Dharma Astha Bratha Institusi Pemerintah Dalam Negeri merupakan tradisi Korps Praja institusi Pemerintahan Dalam Negeri dalam mengantar sekaligus memberi penghormatan kepada Purna Praja yang melangkah memasuki lembar kehidupan berumah tangga. Prosesi ini sendiri membentuk formasi Bintang Astha Bratha yang dilakukan oleh para STPDN.

Prosesi Purna Praja Astha Bratha memiliki arti bahwa profesi ini bertujuan sebagai simbol bagi Purna Praja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang berlaku dengan jiwa Astha Bratha.
Astha Bratha merupakan wejangan yang berisi delapan perilaku, delapan perbuatan yang harus dimiliki oleh pemimpin yang berjiwa Pamong Praja. Purna Praja dituntut menyelami Watak Matahari yang memberi hidup, Watak Bulan yang menerangi, Watak Bintang yang menjadi pedoman rah, Wa

tak Angin yang senantiasa bergerak, Watak Mendung yang berwibawa, Watak Api yang memberi semangat, Watak Samudra yang berpandangan keluasan, dan Watak Bumi yang memberi kemakmuran.

Upacara prosesi pernikahan tersebut selanjutnya diteruskan dengan pemasangan cincin oleh Bupati OKI, H. Iskandar SE dan Ketua Dharma Wanita OKI menyerahkan pakaian Dharma Wanita kepada mempelai perempuan. Prosesi sendiri ditutup dengan pengikraran janji Abdi Praja Dharma Bhakti Satya Nagar Bhakti oleh para STPDN yang tergabung dalam Formasi Bintang Astha Bratha.

“Pernikahan ini merupakan suatu takdir, selamat menempuh hidup baru dalam menempuh hidup baru dalam bahtera kebahagian, dengan mengemban tugas membina rumah tangga sekaligus tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Bentuklah keluarga yang sakinah. Insya Allah engkau akan memperoleh sebuah keluarga yang mawadddah wa rohmah dengan dikaruniai keturunan yang soleh dan soleha,’’ ujar Bupati OKI, H. Iskandar SE dalam sambutannya.

Sementara itu H. Qomarus Zaman didampingi Istri saat dibincangi wartawan mengatakan, sekeluarga besar mengucapkan sangat bersyukur dan berbahagia sekali. Dimana mulai dari prosesi akad nikah yang dilaksanakan pada Sabtu (23/9) di Rumah di Komplek Perumnas Sukadana Kecamatan Kota Kayuagung hingga Minggu (24/9) semuanya berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan. ‘’Untuk itu kami atas nama keluarga besar baik dari keluarga mempelai laki-laki maupun kami dari keluarga mempelai perempuan mengucapkan terima kasih kepada sanak keluarga. Para panitia yang telah bersusah payah mempersiapkan segala sesuatunya serta para tamu undangan yang telah sempat hadir hingga acara ini berjalan lancar dan meriah,’’ ujarnya.

Hal senada dikatakan Hendra Anggara S.STP didampingi istri tercintanya dr. Dewi Zartika. ‘’Syukur alhamdulillah prosesi akad nikah dan prosesi Pernikahan Purna Praja Dharma Astha Bratha berjalan lancer. Ini merupakan sesuatu yang paling istimewa buat saya dan istri beserta keluarga besar. Suatu kehormatan bagi kami semua dan tak lupa kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak/ibu, saudara/i, teman/kerabat dan para undangan lainnya terutama kepada Bupati Ogan Komering Ilir beserta Ketua Tim Penggerak PKK OKI, Sekda OKI, para Asisten, staf ahli, para kepala Dinas/badan, dan kepala bagian beserta jajarannya serta semua ASN dan tamu lainnya yang telah menyempatkan hadir dalam prosesi pernikahan kami ini. Semoga Allah SWT membalas budi baik semuanya,’’ tutur Hendra.
Laporan : Aliaman
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article