Proses Tender Pembangunan Jembatan Ponton akan Dimulai Januari 2020

143
Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad saat paparan terkaitan pembangunan Jembatan Ponton dihadapan Gubernur Sumsel dan Anggota Komisi V DPR.

Sumateranews.co.id, EMPAT LAWANG – Setelah sekian lama, akhirnya Jembatan Pontong penghubung antara Kecamatan Ulu Musi dan Pasemah Air Keruh (Paiker) yang putus akibat luapan sungai Musi beberpaa bulan lalu, akhirnya akan segera ditender.

Dipastikan proses tender pembangunan jembatan ponton tersebut, akan dimulai pada Januari tahun 2020 mendatang.

Bahkan Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, sudah paparan langsung dihadapan Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Anggota Komisi V DPRI diruang rapat Bina Praja, beberapa waktu lalu.

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengatakan, pembangunan jembatan ponton yang berada di Desa Padang Tepong, Kecamatan Ulu Musi tersebut sudah dianggarkan sebesar Rp47 miliar.

“Kita minta keseluruhan untuk pembangunan jembatan itu, Alhamdulilah sudah dianggarkan tahun 2020 sebesar Rp47 miliar, jembatan rangka ponton Padang Tepong Ulu Musi. Insyaallah berdasarkan keterangan pihak kementerian Januari sudah tender,” kata Joncik.

Dijelaskan Joncik, pembangunan jembatan ponton tersebut sangat mendesak, sebab itu menjadi urat nadi Ekonomi bagi masyarakat. Sementara jembatan bally, yang merupakan pinjaman dari Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V, akan berakhir masa peminjamannya Empat bulan mendatang.

“Pembangunan jembatan itu sangat mendesak, kalau tidak dibangun masyarakat bisa terisolir, apalagi jembatan bally itu masa peminjamannya hanya satu tahun, dan empat bulan lagi akan habis,” jelasnya.

Dilanjutkannya, semua data dan syarat yang diminta Kementerian PUPR untuk pembangunan jembatan ponton tersebut sudah terpenuhi, diantaranya pembebasan lahan, DED dan feasibility study (FS).

“Soal pembebasan lahan jangan ragu, semua sudah kami siapkan, jadi kami harap awal Januari nanti sudah mulai ditender,” ujarnya.

Dirinya juga meminta bantuan ke Komisi V DPR RI, untuk menyampaikan ke kementerian terkait soal pembangunan irigasi dan pelebaran jalan nasional yang berlokasi di ibukota Empat Lawang, Tebing Tinggi.

“Empat Lawang itu visi misi kami adalah pertanian, sementara kami baru ada satu irigasi besar yang dibuat kementrian PUPR, Insyaallah tahun ini sudah mulai beroperasi. Jadi saya minta dibangunkan irigasi di Pesemah Air Keruh yang jumlah sawahnya 3554 hektare, dan irigasi di Lintang Kanan yang jumlah total sawahnya 3200-an,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V, Kgs Saiful Anwar memastikan pembangunan jembatan ponton Empat Lawang tersebut akan ditender pada Januari mendatang. “Jembatan ponton Empat Lawang akan kami tender Januari, pasti,” pungkasnya.

Laporan : b4r

Editor     : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here