Progres Buruk, Pencairan DD Tahap II Ditunda

0
258

Sumateranews.co.id, OKU SELATAN- Penilaian tim monitoring dan evaluasi kabupaten terkait pelaksanaan realisiasi dana desa atas pekerjaan pembangunan infrastruktur jalan dan bangunan gedung yang bersumber dari anggaran APBN 2017 menjadi dasar pencairan dana desa tahap II. Karena itu jika dianggap progres pekerjaan di lapangan realisasinya tidak memenuhi standar kualifikasi, maka pemerintah kabupaten berhak menunda pencairan dana desa yang dinilai progres pekerjaan di lapangan buruk.

Hal itu dikatakan Bupati OKU Selatan Popo Ali Murtopo, B. Cammers dalam pengarahan acara sosialisasi nota kesepahaman (MoU) Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi, Kementrian Dalam Negeri dan Kepolisian Republik Indonesia untuk pencegahan pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa Kabupaten OKU Selatan bertempat di aula pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Rabu (1/11).

Menurut Popo, pemerintah komitmen dalam penyelenggaraan pembangunan berjalan sukses mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan sehingga penyerapan anggaran dari APBD maupun APBN dalam pembangunan berjalan optimal dan bermanfaat untuk masyarakat. Sebab itu sebut Popo kinerja pemerintah diuji dalam penyelenggaraan pembangunan di desa sebagai ujung tombak pembangunan daerah dan nasional agar taat aturan.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres OKU Selatan yang diwakili Wakapolres Kompol Budi Santoso mengatakan jika institusi Polri menjalin pola kemitraan dalam hal ini memberdayakan babinkamtibmas di desa-desa sehingga dapat bersinergi terhadap pemangku kebijakan dalam pelaksanaan realisasi pembangunan. “Kita tidak inginkan akibat dari kurangnya pemahaman dari aparatur pelaksana terkait realisasi anggaran dana desa sehingga imbasnya akan berakibat hokum,’’ cetusnya.

Karena itu sebut Budi, sosialisasi ini penting adanya sebagai langkah dalam upaya pengawasan dan pencegahan serta upaya penanganan permasalahan terkait dana desa yang saat ini kami baru mampu memberdayakan 40 babinkamtibmas pada 19 kecamatan di OKU Selatan.

Laporan            :  Asmidan

Editor/Posting  : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article