MubaSecond Headline

Program Muba Mengaji, Bentuk Umat Beriman

Sumateranews.co.id, SEKAYU – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus melakukan terobosan dalam membangun masyarakat yang beriman dan bertakwa. Upaya itu dilakukan menuju Muba Islami sebagai filter terutama menuju generasi muda yang jauh dari segala bentuk pengaruh narkoba, miras, dan seks bebas.

Sebelumnya, di awal pemerintahan Bupati H. Dodi Reza Alex Noerdin menggelontorkan Peraturan Daerah (Perda) pesta rakyat yang selama ini pesta malam kerap kali menjadi ajang penyalahgunaan narkotika dan maksiat. Kali ini, pemerintah memprogramkan Muba mengaji di setiap Masjid dan Musholah dengan tujuan ke depannya semua masyarakat di Muba bisa baca dan tulis Al-Quran.

“Program Muba Mengaji ini akan kita mulai gencarkan di masjid dan mushola di Kabupaten Muba, jadi tidak ada lagi umat muslim di Muba yang tidak bisa mengaji,” ungkap Dodi Reza usai Safari Sholat Jumat di Masjid Al-Wustho Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, Jumat (30/11/2018).

Dikatakan Dodi yang juga sebagai Ketua Pembina GP Ansor Sumsel, target utama menggerakkan program Muba Mengaji ini selain menggencarkan Kaum Muslim Muba bisa mengaji juga guna meminimalisir generasi muda yang terjerumus pada persoalan penyalahgunaan narkotika dan pergaulan bebas agar kedepannya di Muba masyarakatnya menjadi umat yang beriman.

“Ini menjadi tugas kita bersama, program Muba Mengaji harus kita kawal bersama-sama dan saya minta kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda kiranya membantu kami dan mendukung program baik ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, Pemkab Muba akan terus berupaya untuk bertahap memberikan bantuan ke masjid dan mushola di seluruh Kabupaten Muba.

“Pemkab Muba tidak hanya fokus terhadap pembangunan infrastruktur saja tapi juga konsen terhadap nilai-nilai religious. Dan mari kita jaga bersama daerah yang kita banggakan ini menjadi daerah yang sejuk bebas dari konflik saling menghargai satu sama lainya. Atas segala perbedaan dan mari kita jaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini bersama-sama,’’ ujarnya.

Selain itu Dodi Reza Alex mengimbau, jelang tahapan Pilpres dan Pileg 2019 nanti masyarakat Muba untuk terus turut menjaga keamanan dan ketertiban umum secara bersama-sama. “Insya Allah dalam menyambut tahun politik ini tidak ada gesekan apapun dan kita yakin dengan tercipta zero konflik pastinya akan berimbas untuk Muba yang lebih baik dan sejahtera ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu salah satu jamaah Shalat Jumat, Andi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba yang telah memberikan berbagai bantuan selama ini kepada masjid hingga mushola, sehingga masyarakat dapat melaksanakan ibadah berjamaah dengan nyaman dan khusyuk.

Dulu semasa Kepemimpinan Bapak H Alex Noerdin sebagai Bupati Muba ada Program untuk umat namanya (Membangun Umat Berbasis Agama) disingkat “MUBA” kalau masa kepemimpinan Pak Bupati Dodi Reza sekarang Program “Muba Mengaji” tentunya ini sinergis dan berkelanjutan. ‘’Kami akan dukung penuh demi terciptanya Iman dan Taqwa. Selain itu kami mengucapkan terima kasih juga kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Muba dan DPRD Musi Banyuasin yang telah mengeluarkan Perda Pesta Rakyat khususnya pembatasan waktu pesta malam hari yang kami anggab positif bagi umat beragama. Karena kami yakin dengan Perda dimaksud harapannya untuk menekan peredaran miras, narkotika, dan perbuatan maksiat lainnya di Bumi Serasan Sekate yang kita cintai ini,’’ tandasnya.

Laporan         : Hasbullah
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button