Program Mengajar Kelas Inspirasi, Cara Karyawan BSL Mengajar Anak SD, SMP dan SMA

124
– Hadirnya PT. Barasentosa Lestari (PT.BSL) di Kabupaten Muratara sudah banyak memberikan kontribusi yang nyata khususnya di dunia pendidikan, bahkan ditengah kesibukan untuk meningkatkan produksi batu bara di Indonesia, PT Barasentosa Lestari tetap menjalankan komitmennya untuk berkontribusi dalam kemajuan dunia pendidikan.

Sumateranews.co.id, MURATARA – Hadirnya PT. Barasentosa Lestari (PT.BSL) di Kabupaten Muratara sudah banyak memberikan kontribusi yang nyata khususnya di dunia pendidikan, bahkan ditengah kesibukan untuk meningkatkan produksi batu bara di Indonesia, PT Barasentosa Lestari tetap menjalankan komitmennya untuk berkontribusi dalam kemajuan dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan digelarnya kegiatan “BSL Mengajar Kelas Inspirasi” yang merupakan rangkaian kegiatan setiap tahunya.

Kelas Inpirasi tersebut merupakan kegiatan yang bersifat sukarelawan dan dilakukan oleh para pekerja PT.BSL untuk terjun langsung dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan seperti ini bertujuan untuk membangun aspek karakter dan perilaku anak-anak diusia pendidikan.

“Di usia perusahaan yang masih dibilang begitu muda ini, kami ingin berbagi inspirasi dan bercerita kepada mereka hal-hal yang mungkin mereka belum pernah dengar atau tahu sebelumnya. Kami juga ingin membangun semangat volunteerism kepada pekerja di mana mereka bisa memberikan kontribusi, tidak hanya kepada perusahaan namun juga kepada bangsa,”Ungkap, Rabu, )15/1/2020), Kepala Teknik Tambang Petra Parulian didampingi Khawali dan Hermawan.

Lanjutnya ia menjelaskan, BSL Kelas Inspirasi ini diselenggarakan untuk kesekian kalinya dan melibatkan sekitar 10 pekerja PT Barasentosa Lestari. Mereka siap mengajar dan menebar inspirasi kepada lebih dari 450 anak-anak tingkat SD, SMP dan SMA di Desa Air Bening.

“Tidak hanya berasal dari karyawan kami saja tapi terdiri dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Rawas Ilir Rusman, Polsek Rawas Ilir Iptu Afrinaldi serta Perangkat Desa Ibu Tris dan lain sebagainya,”Ujar Petra Menambahkan.

Sedangkan, untuk para relawan diberikan kebebasan untuk menentukan materi pembelajaran atau cerita dan juga simulasi permainan. Namun materi yang disampaikan harus cocok dengan tingkatan kelas dan profil dari anak-anak tersebut serta masih menanamkan corporate values Barasentosa Lestari.

Ia juga mengatakan, Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi relawan PT Barasentosa Lestari dan juga siswa. Program ini juga diharapkan dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang dengan jangkauan sekolah yang lebih luas dan relawan yang lebih banyak lagi.

“Semoga dengan Kelas Inspirasi ini anak muda Indonesia semakin pintar dan berani untuk menggapai cita-cita dan nantinya mampu menginspirasi teman dan masyarakat sekitar,”Katanya.

Sementara itu, relawan pengajar Salvatore GH, Firma Landra, Karendra H, Aan S mengungkapkan ia sangat merasa bangga dengan semangat belajar yang dimiliki oleh anak-anak walau mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

“Hari ini kami berkesempatan untuk berbagi di Sekolah Desa Air Bening. Ini merupakan tantangan tersendiri, melihat semangat yang kami tidak mengira sebelumnya. Melihat perjuangan mereka sehari-hari namun masih memiliki motivasi belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi menjadikan kegiatan Kelas Inspirasi ini bermakna bagi kami. Bahkan kami justru terinspirasi dengan keunikan mereka,”Terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah dan Kepala Desa Air Bening Marsup menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT BSL atas bantuan yang telah diberikan dalam program Kelas Inspirasi.

“Saya berterima kasih kepada para relawan pekerja PT.BSL karena telah membantu dan perduli di dunia pendidikan serta melakukan proses belajar mengajar dan memberikan Celengan bagi siswa untuk belajar menabung,”Pungkasnya.

Laporan : San

Editor     : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here