Prodi Sejarah UPGRI Sambut Maba dengan Cacab Cacaban

0
269
Prodi Sejarah UPGRI Sambut Maba dengan Cacab Cacaban

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang, menyambut mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Sejarah dengan memperkenalkan sejarah budaya Nusantara.

Acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) program studi sejarah dilaksanakan di Laboratorium Sejarah Lantai 2 Ruang 205 Gedung Science Center Universitas PGRI Palembang. Jumat (7/9/18).

Mahasiswa baru dikenalkan sejarah kebudayaan nusantara melalui penyambutan Tari Tortor Tapanuli Selatan oleh HMPS Pendidikan Sejarah dan upacara cacab cacaban oleh Wakil Dekan III FKIP, Muhamad Idris MPd.

Cacab cacaban ini merupakan bukti akulturasi kebudayaan Islam dgn kebudayaan lokal pra-Islam. Hal ini menggambarkan Palembang dan Universitas PGRI Palembang sebagai melting pot kebudayaan dunia dan nusantara.

“Cacab cacaban yang dilakukan dalam penyambutan mahasiswa baru Pendidikan Sejarah ini merupakan tanda kasih sayang orang tua (dosen) dengan memberikan doa dan nasihat kepada anaknya (mahasiswa). Dengan menyuapi dan memberi bunga setaman yg menyejukan kehidupan anaknya. Mudah -mudahan mahasiswa baru dapat meraih kesuksesan bersama Program Studi Sejarah”, ungkap Idris saat ditemui di ruangannya. Rabu (12/9/18).

Wakil Rektor III, Drs Sukardi MPd yang turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan PKKMB Program Studi Pendidikan Sejarah menyambut baik kegiatan ini.

“Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan program studi tertua di Universitas PGRI Palembang. Sejak diresmikannya laboratorium Science Center yang di dalamnya ada laboratorium sejarah yang kelak akan dikembangkan sebagai pusat kajian sriwijaya, kini Program Studi Pendidikan Sejarah mulai berangsur-angsur bangkit mengembalikan kejayaannya”, tutupnya.

 

Sumber : FKIP UPGRI/Ht

Editor    : Syarif