Prodi Bahasa Indonesia FKIP UPGRI Gelar Seminar Nasional Peduli Covid-19

0
495
Foto: Dok. Humas UPGRI Palembang
Foto: Dok. Humas UPGRI Palembang

Sumateranews.co.id, PALEMBANG − Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang menggelar Seminar Nasional Peduli Covid-19 dengan tema “Bahasa dan Sastra Sebagai Penyejuk Ditengah Pandemi Covid-19”.

Seminar nasional ini dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang yang diikuti oleh 26 provinsi.Seminar nasional yang diselenggarakan pada 18-21 Mei 2020 membuka pendaftaran melalui google form yang telah memiliki link khusus, biaya pendaftaran khusus pemakalah pendamping Rp. 100.000 yang ditransfer langsung ke rekening donasi Universitas PGRI Palembang dan peserta yang terlibat dalam seminar nasional tidak dipungut biaya.

Semua peserta seminar nasional akan mendapatkan e-sertifikat dan e-prosiding ber-ISBN bagi pemakalah pendamping. Subtema artikel adalah 1) Semiotika di tengah pandemi. 2) Linguistik, menghindari hoaks di sosial media. 3) Etnokomunis, ekspresi masyarakat saat pandemi. 4) Produktivitas bahasa di masa pandemi. 5) Peran psikolinguistik dalam situasi pandemi. 6) Bahasa dan polemik kepentingan di tengah pandemi. 7) Bahasa sebagai peredam jiwa yang resah di tengah pandemi. 8) Pembelajaran bahasa dan sastra kreatif di tengah pandemi.

Seminar nasional ditengah pandemi Covid-19 ini mengundang pemateri luar biasa dari beberapa provinsi di Indonesia yaitu :

Webinar #1 Senin, 18 Mei 2020

  1. Suardi, M.Pd dosen Universitas Gunadarma
  2. Zulfardi D, M.Pd dosen STKIP Yasika Majalengka Jawa Barat
  3. Herson Kadir dosen Universitas Negeri Gorontalo

Webinar #2 Selasa, 19 Mei 2020

  1. Redo Andi Marta, M.Pd dosen Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  2. Supriatna dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  3. Darwin Effendi, M.Pd dosen Universitas PGRI Palembang

Webinar #3 Rabu, 20 Mei 2020

  1. Dessy Wardiah, M.Pd dosen Universitas PGRI Palembang
  2. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum., C.NLP dosen Universitas Muria Kudus
  3. Andi Rahman dosen Institut Teknologi & Bisnis Tangerang

Webinar #4 Kamis, 21 Mei 2020

  1. Fahrurrozi dosen Universitas Negeri Jakarta
  2. Sartin Miolo, M.Hum dosen Universitas Gorontalo
  3. Hetilaniar, M.Pd dosen Universitas PGRI Palembang

Dalam sambutannya Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr. Dessy Wardiah, M.Pd menyampaikan bahwa seminar nasional ini sudah direncanakan oleh Prodi Bahasa Indonesia.

“Seminar nasional ini sudah direncanakan oleh prodi Bahasa Indonesia dan akhirnya dilaksanakan secara online dimasa pandemi Covid-19 ini. Pemakalah pendamping yang terdaftar berjumlah 40 orang yang berasal dari berbagai instansi dan sekolah di Sumatera Selatan. Peserta Webinar #1 berjumlah 251 peserta, Webinar #2 berjumlah 233 peserta, Webinar #3 berjumlah 227 peserta dan Webinar #4 berjumlah 257 peserta sehingga jika ditotalkan peserta mencapai 968 peserta yang berasal dari 26 provinsi yaitu Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Bengkulu, Riau, Bangka Belitung, Maluku, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua Barat, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Jakarta, Kalimantan Utara, Papua Barat, Bali, Maluku Utara, Jambi dan Lampung”, jelasnya.

Dekan FKIP juga menyampaikan agar seminar nasional diselengarakan sesuai prosedural dan SOP yang berlaku. “Peserta dalam seminar nasional akan mendapatkan e-sertifikat dan pemakalah akan mendapatkan juga e-sertifikat serta e-prosiding ber-ISBN. Saya berharap seminar nasional ini dapat berjalan dengan baik sesuai prosedural dan SOP selayaknya seminar nasional”, ungkapnya.

Senada dengan itu Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si mengatakan seminar nasional ini merupakan kemajuan karena dilakukan secara online.

“Menurut saya seminar nasional ini merupakan kemajuan karena dilakukan secara online ditengah pandemi Covid-19. Awal Desember 2020 Universitas PGRI Palembang akan mengadakan seminar internasional yang pesertanya bisa mencapai 2.000-3.000 peserta. Tapi jika pandemi Covid-19 ini masih tetap berlangsung, maka seminar internasional juga akan kami lakukan secara online seperti seminar nasional ini juga”, ucapnya.

Rektor berharap agar panitia dapat mengelola kegiatan seminar nasional secara profesional. “Kepada panitia agar dapat mengelola seminar nasional ini dengan baik dan profesional sampai akhir kegiatan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pemakalah pendamping atas biaya pendaftaran yang akan didonasikan secara langsung untuk peduli Covid-19”, tuturnya.

Diakhir sambutannya Rektor Universitas PGRI Palembang mengatakan bahwa saat ini Universitas PGRI Palembang telah membuka pendaftaran mahasiswa baru. “Pandemi tetap berlangsung, tapi semua program kerja kita harus tetap berjalan dengan baik begitu juga dengan penerimaan mahasiswa baru masih tetap berjalan saat ini, jika bapak-bapak/ibu-ibu mempercayai kami untuk menitipkan anaknya di Universitas PGRI Palembang maka kami adalah tempat yang tepat untuk menggali ilmu, mari bergabung dengan Universitas PGRI Palembang”, pungkasnya.

Sumber : FKIP-UPGRI/Ht III Editor : Syarif