Prodi Bahasa Indonesia Bukan Pilihan Akhir

0
189
Foto: Dok.FKIP UPGRI Palembang

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang, dilaksanakan di Aula Ali Latif Gedung C Lantai III Universitas PGRI Palembang. Jumat (7/9/18).

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut diawali pengenalan pengelola dan dosen program studi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Juaidah Agustina MPd, Paparan Kurikulum Program Studi, Hayatun Nufus MPd dan Kegiatan Kemahasiswaan, Hetilaniar MPd.

Berbagai penampilan yang telah disiapkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS PBSI) dan Sanggar Bastra, yaitu tari, puisi, musikalisasi puisi, stand up comedy, pencak silat, dan deklamasi puisi. Acara dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan kenyamanan bagi mahasiswa baru. Diki Hermanto mengaku dengan adanya kegiatan PKKMB yang dilaksanakan di tiap prodi, mahasiswa baru semakin mengenal program studi yang mereka pilih, ia mengaku semakin termotivasi untuk belajar.

Hetilaniar saat menyampaikan kegiatan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia bahwa banyak hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa di program studi, yaitu dengan aktif mengikuti kegiatan yang diadakan oleh HMPS PBSI dan Sanggar Bastra.

“Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tidak hanya fokus pada akademik, namun juga banyak kegiatan non akademik demi meningkatkan keterampilan (soft skill). Saya yakinkan bahwa program studi yang kalian pilih bukanlah pilihan terakhir. Prestasi akan mudah diraih, jika ada kemauan”, jelasnya di hadapan mahasiswa baru Prodi PBSI.

Dekan FKIP, Dr Dessy Wardiah MPd, mengaku bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah salah satu program studi yang telah lama berdiri dan mampu bersaing di tengah masyarakat.

“Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah salah satu program studi yang sudah lama berdiri, namun mampu bersaing di tengah masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan mahasiswa baru yang masuk di prodi ini masih banyak meski saingan universitas yang membuka program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semakin banyak”, tuturnya Rabu (12/9/18).

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian MM MSi, mengungkapkan bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia salah satu program studi yang kuat dan mampu menunjukkan eksistensinya di tengah persaingan.

“Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia salah satu program studi yang kuat dan mampu menunjukkan eksistensinya di tengah persaingan. Namun demikian, masih butuh kerjasama yang baik antar pengelola, dosen, dan mahasiswa untuk mempertahankan eksistensi tersebut dan bila memungkinkan tahun depan ditargetkan penerimaan mahasiswa baru Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia naik 100% dari jumlah mahasiswa baru tahun ini”, tandasnya.

 

Sumber : FKIP UPGRI/Ht
Editor    : Syarif