Prihatin Dampak Kabut Asap, Laznas LMI Buka Posko Layanan Kesehatan Gratis

23

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Kebakaran hutan dan lahan di Palembang dan sekitaranya yang terjadi sejak beberapa bulan lalu masih dirasakan dampaknya hingga hari ini. Walaupun sempat turun hujan, namun Kota Palembang masih diselimuti kabut asap pekat yang mengganggu penglihatan dan pernapasan. Merespon kondisi udara yang kian memprihatinkan, Laznas LMI Sumatera Selatan membuka posko layanan kesehatan gratis.

Posko layanan kesehatan berada di dua tempat. Di Klinik Ummat Palembang yang berada di Komplek Pondok Palm Indah blok E1 No. 12A Perumnas Talang Kelapa, masyarakat dapat dilayani mulai pukul 14.00 hingga 20.00 WIB. Sementara di Klinik Bertha Medika yang lokasinya berada di Jalan Rawasari No. 2457, Ruko No. 2-3, 20 Ilir D II, Kecamatan Kemuning jam operasional mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Prosedur pelayanannya cukup mudah, hanya dengan membawa identitas diri saja.

Cony Septea Ardi selaku Kepala Kantor Perwakilan Sumatera Selatan Laznas LMI mengatakan bahwa kesehatan masyarakat terdampak karhutla merupakan tanggang jawab bersama, bukan hanya pemerintah. “Layanan kesehatan ini adalah bentuk upaya kami dalam meringankan beban masyarakat yang rawan terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Semoga bencana asap ini dapat kita selesaikan bersama-sama, tidak hanya bergantung pada pemerintah saja,” tuturnya.

Ismail, Manajer Klinik Ummat menambahkan bahwa layanan gratis ini adalah wujud dari kegiatan kemanusiaan yang selayaknya mendapat dukungan dari masyarakat. Dia berharap bahwa dengan periksa tanpa biaya, lebih banyak lagi masyarakat di Palembang yang sadar dengan kesehatan dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Klinik Ummat dan Klinik Berta hanya libur setiap tanggal merah, hari Sabtu, dan Minggu.

Laporan : Wiwin

Editor.   : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here