Presidium Muba Timur Kembali Sampaikan Usulan Pemekaran DOB Lewat Komisi I DPRD Muba

0
257
Presidium Muba Timur Kembali Sampaikan Usulan Pemekaran DOB Lewat Komisi I DPRD Muba
Edi Hariyanto Ketua Komisi I DPRD Muba saat memimpin rapat bersama Presidium Muba Timur.

MUBA – Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang selama ini telah diperjuangkan oleh Tokoh masyarakat yang tergabung dalam Presidium Muba Timur kembali menyampaikan usulan rencana Pemekaran Daerah Otonomi Baru kepada Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera.

Sebagaimana disampaikan oleh Asmara Hadi selalu Ketua Presidium Muba Timur, bahwa secara Administrasi Pemekaran Muba Timur sudah terpenuhi dengan luas wilayah Kecamatan Sungai Lilin, Kecamatan Bayung Lencir, Kecamatan Keluang, Kecamatan Babat Supat, Kecamatan Lalan dan Kecamatan Tungkal Jaya.

Menurutnya, alasan Rencana Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Muba Timur bertujuan untuk meningkatkan dan mempercepat pembangunan daerah juga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk bekerja dan berusaha dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Harapan kami,pembentukan Otonomi Baru Muba Timur segera terwujud sehingga pemerataan pembangunan dan percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat terus meningkat,” ujarnya, saat rapat dengan Banmus DPRD Muba, Senin (20/09/2021).

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Muba, Edi Hariyanto meminta Presidium Muba Timur agar melengkapi persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan dasar Kapasitas Daerah sesuai amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 agar tujuan dalam pembentukan Daerah Otonomi Daerah Baru yang mandiri dapat terwujud.

“Komisi I DPRD Muba hanya memfasilitasi usulan surat yang sebelumnya disampaikan Presidium Muba Timur untuk duduk bersama membahas aspirasi pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB). Dan dari hasil keputusan itu nantinya akan direkomendasikan kepada pemerintah daerah Kabupaten Muba untuk memfasilitasi aspirasi mereka,” kata Edi Hariyanto.

Dan berdasarkan hasil pembahasan bersama seluruh pimpinan Komisi DPRD Muba serta anggotanya Komisi I DPRD merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah agar dapat memfasilitasi Aspirasi masyarakat melalui Presidium Muba Timur terhadap syarat-syarat pembentukan Daerah Otonomi Baru berdasarkan kajian secara akurat sesuai dengan persyaratan dan parameter yang telah diatur oleh Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. (Hasbullah Anwar)

Editor : Donni